Kesbangpol Langkat Gelar Sosialisasi Bersama Parpol

LANGKAT – Bupati Langkat Terbit Rencana PA diwakili Asisten II Ekbangsos, H.Hermansyah membuka sosialisasi pungsi dan peranan partai politik (parpol) di masyarakat, Jumat (27/11/2020) di gedung PKK Stabat, Langkat.

H.Hermansyah mengatakan, parpol memiliki peranan strategis dalam membangun kesadaran berpolitik masyarakat. Apalagi parpol sebagai salah satu sarana rekrutmen mengisi jabatan politik, sarana sosialisasi politik, wadah aspirasi dan partisipasi rakyat dan lembaga pendidikan politik bagi masyarakat.

"Parpol instrumen penting menciptakan kesatuan dan persatuan bangsa dalam bingkai kesejahteraan," paparnya.

Hermansyah berharap dengan adanya sosialisasi ini maka maka semakin menguatnya sinergi antara Parpol, Pemda, Ormas  serta KPU sebagai penyelenggara KPU. Jika ini berjalan, pemerintah optimis politik masyarakat Langkat dapat semakin baik dari waktu ke waktu.

Kepada peserta, Hermansyah berharap agar benar-benar mengikuti kegiatan dengan baik, serta memanfaatkan pertemuan ini untuk menambah pengetahuan dan saling berbagi pengalaman.

Selanjutnya, Kakan Kesbangpol Faisal Badawi mengatakan, kegiatan diikuti 55 peserta dari parpol. Adapun tujuan kegiatan yakni mengubah dan membentuk tata perilaku seseorang dengan tujuan bertanggung jawab dalam partisipasi politik.

Disamping itu juga membentuk suatu tatanan masyarakat yang sesuai dengan tuntunan politik yang ingin diterapkan. Untuk memperluas pemahaman dan penghayatan serta wawasan terhadap masalah-masalah politik yang berkembang. Mampu meningkatkan kualitas diri dalam berpolitik sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

"Serta dapat meningkatkan kualitas kesadaran politik rakyat menuju peran aktif dan partisipasinya terhadap pembangunan politik bangsa secara keseluruhan," ungkapnya.

Sosialisasi menghadirkan narasumber i Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provsu Fajar Efendy Pasaribu, komisioner KPU Langkat Ferdiansyah dan dosen Komunikasi Universitas Darma Agung Irene Silviani.