Langkat Komitmen Cegah Stunting Secara Terintegritas

Sekdakab Langkat Indra Salahudin memberikan pengarahan pencegahan stunting pada rakor, Rabu (15/1/2020). (Foto: Istimewa)

STABAT - Bupati Langkat Terbit Rencana PA mengajak keterlibatan semua pemangku kepentingan (Stakeholder) di Kabupaten Langkat untuk bersama mencegah dan menurunkan angka stunting.

Hal ini ditegaskan Bupati melalui Sekdakab Langkat Indra Salahudin saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) pencegahan dan penurunan stunting, di ruang pola Kantor Bupati Langkat, Rabu (15/1/2020).

Sekda sangat berharap penanganan stunting dilakukan secara bersama dengan penguatan komitmen serta koordinasi antar OPD, lintas sektor, para camat, Kades dan Lurah, melalui dana APBN, APBD, Dana Desa dan kelurahan, CSR serta sumber lainnya.

Hal ini dimulai dari tahap perencanaan, penganggaran, pelaksanaan hingga pemantauan sebagai pedoman Pemda dan seluruh pemangku kepentingan.

“Agar seluruh generasi Langkat terbebas dari stunting,  hingga mampu membawa SDM Langkat yang sehat, cerdas dan produktif,” kata Sekda.

Sekda mengimbau Rakor ini menjadi momentum untuk mengevaluasi seluruh upaya yang telah dilakukan melalui intervensi penurunan stunting secara terintegritas dan bertahap.

Kepala Bapeda Langkat Sujarno menegaskan komitmen Pemkab Langkat mengatasi permasalahan stunting  melalui intervensi spesifik dan sensitive. Intervensi spesifik diarahkan untuk mengatasi penyebab langsung dan tidak langsung, seperti masalah gizi. Sedangkan intervensi sensitive diarahkan untuk mengatasi akar masalahnya dan sifatnya jangka panjang.