Pemkab Langkat Gelar Lomba Cipta Menu Pangan Beragam

Sekda Langkat H Indra Salahudin berfoto bersama peserta dan panitia perlombaan cipta menu pangan beragam di Kabupaten Langkat.(Foto/MEDANmerdeka)

LANGKAT – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Langkat, menggelar perlombaan menu pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman. Perlombaan ini menjadi momentum mengubah ketergantungan bahan pangan beras ke bahan pokok lain.

Perlombaan yang digelar Kamis (27/6/2019), dibuka Bupati Langkat Terbit Rencana PA, diwakili Sekda H Indra Salahudin, di halaman kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.

Dikatakan Sekda, perlombaan ini menjadi momentum untuk mengurangi jumlah konsumsi beras, dengan melakukan perubahan menu pangan secara bertahap.

Oleh karenanya, Sekda berharap peranan konkret PKK Langkat dalam mensosialisasikan kreativitas mengolah bahan pangan kepada kaum ibu rumah tangga.

“Sekaligus dapat menerapkan dan memasyarakatkan pola menu beragam, bergizi, seimbangan dan aman dilingkungan keluarga dan masyarakat,” katanya.

Dikatakan Sekda, ketergangungan terhadap salah satu bahan pangan pokok seperti beras, perlu di kurangi secara bertahap. Semoga malalui program diversifikasi pangan atau penganekaragaman pangan, menjadi salah satu alternative upaya jangka panjang untuk mengurangi konsumsi beras.

“Semoga kegiatan ini menjadi  komitmen kita semua, untuk mengurangi  ketergantungan terhadap makanan pokok beras,”ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Langkat, Nasiruddin mengatakan, dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah SK Bupati Langkat No: 055-1136/DISTANPANGAN/2019 tanggal 24 juli 2019.

Tujuan dari kegiatan, untuk meningkatkan  pengetahuan dan  kereatifitas  masyarakat serta memasyarakatkan dan membiasakan  keluarga untuk mengkonsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman untuk meningkatkan kulitas hidup.   

Peserta lomba terdiri dari anggota kelompok wanita tani dari 23 kecamatan se Langkat, untuk kategori penilaiannya antara lain, komposisi menu yang memenuhi kriteria B2SA, kandungan gizi terdiri dari karbonhidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, serta cita rasa makanan yang dapat diterima masyarakat, serta penyajian yang menarik, rapi dan kreatif.

Pemenang lomba juara I diperoleh Kecamatan Bahorok, juara II Tanjung Pura dan juara III Padang Tualang. Untuk harapan I diperoleh Kecamatan Babalan, harapan II Wampu dan harapan III Kuala.

Turut hadir
unsur Forkopimda Langkat, ketua dan wakil TP PKK Langkat dan unsur pengurus
Langkat, ketua dan unsur pengurus DWP Langkat, sejumlah kepala SKPD Langkat,
Camat dan ketua TP PKK Kecamatan se Langkat, pengurus gabungan kelompok tani,
kelompok tani dan kelompok wanita tani se Langkat.

Penulis:
Editor: Redaksi

Baca Juga