Pemkab Langkat Percepat Reformasi Birokrasi

Sekdakab Langkat H Indra Salahudin menyerahkan tas sebagai tanda digelarnya sosialisasi birokrasi reformasi di jajaran Pemkab Langkat.(Foto:MEDANmerdeka/Ist)

LANGKAT – Pemkab Langkat berkomitmen untuk mempercepat pelaksanaan reformasi birokrasi. Hal ini ditegaskan Bupati Langkat Terbit Rencana PA, diwakili Sekdakab H Indra Salahudin dalam kegiatan sosialisasi, di ruang kantor bupati Langkati.

Sosialisasi reformasi birokrasi dihadiri Kabag Keuangan Biro Manajemen  Kinerja Menpan RB, Akik dan Kabag Organisasi Tata Laksana Provsu, Yajij Matondang dan Kasubag Tata Laksana Biro Organisasi  Provsu, ketiganya sebagai nara sumber. Serta para pimpinan OPD dan pejabat administrasi Pemkab Langkat dan peserta sosialisasi.

Indra Salahudin mengatakan reformasi birokrasi sudah menjadi keharusan dan kebutuhan, untuk mewujudkan birokrasi pemerintahan yang bersih dan akuntabel, efektif serta untuk memantapkan komitmen dan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Langkat.

“Reformasi birokrasi hakikatnya, upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar, terhadap sistem penyelengaraan pemerintahan,  agar lebih berdaya guna dan berhasil guna, dalam mengemban tugas pemerintahan dan pembangunan,” tegas Sekda.

Oleh karena itu aparatur yang diharapkan adalah aparatur yang bermental melayani serta memiliki SDM yang cakap, dalam menyelesaikan tugas pokok fungsi yang diembannya.

Sekda meminta kepada semua pimpinan perangkat daerah dan jajarannya, setelah mengikuti sosialisasi ini,  untuk segera melakukan pembenahan, dengan  mengambil langkah – langkah yang diharapkan bagi tumbuhnya mental aparatur yang melayani, taat kepada aturan dan bekerja secara efektif efisien.

Kabag Orta Setdakab Langkat, Tawar Malem Sembiring, pada laporannya,  kegiatan ini dilaksanakan mulai 17 sampai 19 juli 2019 di Ruang Pola,  dengan materi Bimtek yaitu paparan reformasi, penyusunan Road Mad reformasi birokrasi, penilaian reformasi birokrasi dan lembaran kerja evaluasi reformasi birokrasi.

“Untuk  peserta kegiatan dari Dinas/Badan/Kantor 29 orang, Kecamatan 23 orang, RSUD Tajung Pura 1 orang dan dari Bagian – Bagian 6 orang, dengan total peserta 59 orang,”paparnya.

Kegiatan sosialisasi ini, sebut Kabag Orta, dilaksanakan  sesuai dengan keputusan Bupati Langkat No: 061.05-10/K/2019 tentang pembentukan tim sosialisasi percepatan pelaksanaan reformasi di lingkungan Pemkab Langkat.

Serta berdasarkan Peraturan Presiden No: 81 tahun 2010, tentang gambaran rencana tindak lanjut reformasi birokrasi tahun 2010– 2025, dimana pelaksanaan reformasi birokrasi di Indonesia dibagi ke dalam tiga tahap, yaitu tahap satu di tahun 2010 – 2014, tahap dua tahun 2015 – 2019, dan tahap ketiga tahun 2020 – 2025.

“Tujuannya untuk menciptakan pemerintah yang profesional dan berintergritas tinggi, yang mampu meyelnggarakan pelayanan prima kepada masyarakat dan manajemen pemerintah yang demokratis. Sehingga mampu menghadapi tantangan melalui tata kelola pemerintahan yang baik,” pungkasnya.

Penulis:
Editor: Redaksi

Baca Juga