Pemprovsu Limpahkan Pengelolaan TPI ke Langkat

Medanmerdeka.com – Guna mendorong kesejahteraan dan meningkatkan perekonomian masyarakat nelayan, Pemprovsu melimpahkan pengelolaan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) ke Pemkab Langkat.

Adapun ke 5 TPI yang diserahkan kewenangannya, masing-masing; TPI Pulau Kampai, TPI Kelurahan Beras Basah Kecamatan Pangkalan Susu, TPI Pangkalan Brandan Kecamatan Babalan, TPI Desa Kwala Gebang Kecamatan Gebang dan TPI Desa Bubun Kec Tanjung Pura.

Pelimpahan kewenangan ini berdasarkan surat dari kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provsu No 523/2235 tahun 2018, tentang kewenangan Dinas Kabupaten/Kota untuk mengelola TPI. Keputusan ini sesuai amanat UU RI No.23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah, khususnya pada pembagian urusan bidang kelautan dan perikanan, yang menyatakan bahwa pengelolaan dan penyelenggaraan TPI, telah menjadi kewenangan Kabupaten/Kota.

“Berdasarkan hal tersebut, telah disetujui bahwa, seluruh TPI yang berada di Langkat, sudah menjadi kewenangan Dinas Kelautan dan Perikanan Langkat,” kata Bupati Langkat H Ngongesa Sitepu SH diwakili Sekdakab dr H Indra Salahuddin MKes, MM, pada apel gabungan ASN di halaman kantor Bupati Langkat, Senin (5/11/2018)

“Semua kebijakan yang dilakukan membutuhkan dukungan dan kerjasama seluruh OPD, agar sukses. Sehingga tujuan kita untuk mensejahterakan masyarakat perikanan Kabupaten Langkat dapat tercapai dengan baik,” katanya.

Keberadaan TPI, sambung Sekdakab, untuk tujuan melengkapi sarana infrastruktur kelautan perikanan yang dibutuhkan nelayan guna mendukung pembangunan dan pengembangan ekonomi perikanan, terutama nelayan sekala kecil.(zt/mm)

Comment