Ribuan Ikan Mati Mendadak di sungai Sei Sirah Langkat

Kadis Lingkungan Hidup (LH) Langkat Iskandar Zulkarnain Tarigan didampingi Kadis Kelautan dan Perikanan (DKP) Langkat Hendri, menyusuri sungai Sei Sirah, Besitang, Langkat. (foto:mm/ist)

LANGKAT - Ribuan ekor ikan di sungai Sei Sirah, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat, mati mendadak. Untuk mengetahui penyebab kematian ikan, Dinas Lingkungan Hidup, turun ke lokasi mengambil sample air dan ikan yang mati.

Kadis Lingkungan Hidup (LH) Langkat Iskandar Zulkarnain Tarigan didampingi Kadis Kelautan dan Perikanan (DKP) Langkat Hendri, Senin (13/9/2021) langsung turun ke lokasi. Dengan menggunakan perahu kayu, petugas bersama warga menelusuri arus sungai dan memantau sekitarnya.

Warga kemudian membawa petugas ke lokasi yang ditengarai pembuangan limbah PKS salah satu perusahaan. Warga menduga, kematian habibat air sungai disebabkan pencemaran lingkungan.

"Kami akan pelajari, sample air dan ikan akan kita teliti melalui laboratorium. Hal ini akan kita ungkap secara terang benderang sehingga diketahui penyebabnya," kata Kadis LH Iskandar.

Kasus matinya ikan secara mendadak menurut warga sudah berulang kali terjadi. Kuat dugaan, penyebabnya dikarenakan pencemaran lingkungan salah satu pabrik PKS yang membuang limbah ke sungai. "Tiga bulan lalu sudah terjadi, puncaknya September ini," kata warga.