Ridho Asal Langkat Wakili Sumut di di Ajang Pemuda Pelopor Tingkat Nasional

LANGKAT - Pemerintah Kabupaten Langkat dibawah pimpinan Bupati Langkat Terbit Rencana PA, siap mendukung pemuda dan pemudi Negeri Bertuah berwirausaha dan kreativitas sehingga mendongkrak perekonomian.

Salah satu dukungan, diberikan kepada Ridho Affandi SP,  yang saat ini tengah mengikuti lomba pemuda pelopor tahun 2020, yang di selenggarakan Kemenpora RI, sebagai satu-satunya perwakilan untuk Provinsi Sumatera Utara ditingkat nasional.

"Saat ini Pemkab Langkat tengah mendukung pemuda asal Desa Besilam Bukit Lembasa Kecamatan Wampu Langkat tersebut (Ridho), di ajang tingkat nasional," kata Kadis Pora Langkat, Hj.Manna Wasalwa,  pada saat mendampingi Ridho, mengikuti penilaian persentasi lomba pemuda plopor melalui virtual, di LCC Kantor Bupati Langkat, Stabat, Kamis (8/10/2020).

Selanjutnya, Manna menjelaskan, bahwa Ridho mengikuti perlombaan ini, dalam bidang penilaian inovasi teknologi dengan pengembangan tanaman hidroponik yang memproduksi produk makanan seperti nuget, es krim dan batagor.

"Semua bahan bakunya menggunakan hasil dari perkebunan hidroponik yang di kelola melalui bantuan pemuda pemudi setempat," terangnya.

Adapun  teknologi yang di gunakan dalam pengelolaan, sambung Manna, menggunakan pestisida nabati dengan fermentasikan bahan alami yang tidak menggangu tanaman hidroponik. Serta tidak menggunakan bahan kimia, seperti pupuk dan lainnya.

"Tanaman hidroponik yang di tanam, seperti pakcoy, samhong  dan berbagai tanaman hidroponik lainnya ramah lingkungan," paparnya.

Dari hasil tanaman tersebut, kata Manna, dapat dipasarkan melalui media sosial dan pasar pasar tradisional.

Jadi selain dapat mengedukasi masyarakat untuk mengkonsumsi makanan yang sehat tanpa ada bahan kimia berbahaya, juga dapat memutarkan roda perekonomian masyarakat sekitar.

"Mari kita do'akan Ridho, menjadi pemenang di tingkat nasional. Sehingga dapat memotivasi pemuda lainnya untuk berwirausaha, mengangkat perekonomian masyarakat Langkat," ajaknya.

Sembari menjelaskan, kegiatan ini diselenggarakan Kemenpora, bertujuan untuk mengajak pemuda pemudi Indonesia berwirausaha. Agar ikut serta menggerakan perekonomian masyarakat di sekitarnya melalui ide dan kreativitas.

Dari pantauan, saat  sesi tanya jawab hasil persentasi, Ridho mendapat respon  positif dari dewan juri. Namun tetap mendapatkan masukan agar lebih mengembangkan teknologi pada budidaya tanaman hidroponik.

Selain itu, para dewan juri juga berharap, Ridho dan teman - temen (pemuda) di daerah, terus kompak dan bisa menjadi pelopor  dalam kegiatan positif di tengah masyarakat.

Usai prestasi, Ridho mengucapkan terimakasih kepada  Bupati Langkat yakni atas dukungan dan fasilitas yang diberikan, hingga dirinya bisa mengikuti perlombaan pemuda plopor dan menjadi perwakilan Sumut ditingkat nasional.

"Terkhusus kepada Kadispora Langkat dan Jajaran, saya ucapkan terimakasih, atas saran dan bimbingan. Serta dimana selama ini sudah ikut berpartisipasi dan selalu mendampingi,"sampainya.

Sembari menjelaskan, sebelumnya Ia, mengikuti perlombaan pemuda plopor tingkat Kabupaten, setelah menang, melanjutkan ke tingkat Provinsi, lalu kembali menang, menjadi perwakilan provsu ditingkat nasional.