RPJMD 2019-2024 Langkat Sesuai Visi-Misi Bupati Terpilih

PEMBUKAAN : Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin membuka Forum Grup Discussion (FGD) dalam rancangan teknokratik RPJMD Tahun 2019-2024.(foto:ist/mm)

PEMBUKAAN : Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin membuka Forum Grup Discussion (FGD) dalam rancangan teknokratik RPJMD Tahun 2019-2024.(foto:ist/mm)

Medanmerdeka.com – Pemkab Langkat menggelar Forum Grup Discussion (FGD) dalam rancangan teknokratik RPJMD Tahun 2019-2024, untuk merumuskan permasalahan dan isu stratgeis daerah. RPJMD diharapkan mengakomodir visi misi bupati dan wakil bupati terpilih.

FGD dibuka Bupati Langkat H Ngongesa Sitepu SH, yang diwakilkan Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin MKes, MM, Rabu (5/12/2018) di ruang Pola Kantor Bupati Langkat.

Dalam arahanya Bupati Langkat yang dibacakan Sekdakab dr H Inda Salahudin mengajak semua peserta FGD untuk berkontribusi dalam menyusun perencanaan teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menenga Daerah (RPJMD), dengan memperhatikan waktu serta validitas data, serta ke update dan mampu mengidentifikasi permasalahan, sesuai dengan data yang dirumuskan untuk menjawab persoalan yang ada.

“Disamping itu, harus mencermati dan memahami dengan sebaik–baiknya visi dan misi Bupati dan wakil Bupati Langkat terpilih, dalam merancang dan merumuskan RPJMD nya,” tegasnya.

Disamping itu, informasi data di Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD), sangat dibutuhkan dalam penyusunan RPJMD. Untuk itu seluruh OPD Pemkab Langkat, agar menyiapkan data yang aktual, tepat dan dapat dipertanggungjawabkan, dengan pelaksanaan yang  transfaran, akuntabel dan melibatkan masyarakat (stakeholder) disemua putusan tahap perencanaan, sebab akan menjadi dasar pengambilan kebijakan pimpinan.

“Kepala OPD harus memahami isu strategis nasional, provinsi dan daerah yang berkaitan dengan bidangnya, untuk merencanakan tujuan, sasaran , arah kebijakan program dan kegiatan serta target capaiannya,”tegasnya.

Disisi lain, RPJMD sambung Sekda, merupakan dasar menyusun Rencana Strategis (Renstra) perangkat daerah selama priode ke depan, yang akan dijabarkan dalam Rencana Kerja (Renja), untuk kurun waktu 1 tahun.

Sementara itu, Kepala Bapeda Langkat H, Sujarno mengatakan tujuan FGD untuk meningkatkan koordinasi permasalahan dan isu -isu strategis daerah, sesuai  dengan Permendagri No 86 tahun 2017, serta mesinkronisasikan data SIPD yang telah diinputkan pada aplikasi, untuk dijadikan gambaran umum kondisi daerah pada RPJMD 2019-2024. “Tujuanya juga agar tersusunnya rancangan teknologi RPJMD yang tepat waktu,”imbuhnya.

Turut hadir Wakil Bupati Langkat terpilih H. Syah Afandin, SH , serta sebagai nara sumber dari Bapeda Provsu Otavia Siska Yanti SH dan dari UINSU Dr Zulham SH MHum.(ir/mm)

Comment