Sekda Langkat Pimpin Sosialisasi Permendagri

Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin membuka sosialisasi Permendagri 86 tahun 2017, dengan fokus penerapan RPJMD Kabupaten Langkat tahun 2019-2024, di Rindu Alam Hotel Bukit Lawang, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Kamis (8/8/2019).(Foto:MEDANmerdeka/Ist)

LANGKAT - Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin membuka sosialisasi Permendagri 86 tahun 2017, dengan fokus penerapan RPJMD Kabupaten Langkat tahun 2019-2024, di Rindu Alam Hotel Bukit Lawang, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Kamis (8/8/2019).

Sekda Indra Salahudin mengatakan, sosialisasi yang berlangsung selama dua hari ini, untuk meningkatkan pendalaman serta melatih diri,  guna membiasakan dalam menjabarkan dan loyalitas kepada pimpinan.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Langkat merupakan panduan pelaksana pembangunan selama 5 tahun ke depan, untuk mewujudkan visi dan misi kepala daerah.

Oleh karena itu diperlukan pedoman  dan arahan  yang jelas, agar  dalam menjalankan roda pembangunan ditingkat daerah,  dapat memberikan kontribusi terhadap pembangunan nasional.

“Untuk itu, diharapkan kepala OPD  dapat megikuti kegiatan ini dengan baik dan melibatkan aparat perencanaan setiap OPD,  sehingga bisa memahami dengan baik proses – proses perencanaan secara sinergi,”imbuhnya.

Visi misi akan tercapai, oleh karena itu butuh dukungan  semua pemangku kepentingan, dapat terwujudnya perumusan dan pelaksanaan, perencanaan, penganggaran maupun kebijakan,  dalam  kerangka regulasi  yang menjadi dokumen perencaaan 5 tahunan yang akurat, professional dan akuntabel serta terukur pada dokumen RJMD tersebut.

“Maka OPD harus terus bekerja sama dan bergotong royong  dalam menerapkan RPJMD tersebut, demi mewujudkan Langkat yang maju, sejahtera dan religius  berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,”harapnya.

Berdasrkan hal tersebut, setiap OPD wajib memahami dan menjabarkan visi RPJMD Langkat 2019-2024,  yaitu menjadikan Langkat yang maju, sejahtera, dan religius melalui pengembangan pariwisata dan infrstruktur yang berkelanjutan.

Sebagai persiapan yang mengarah kepada penjabaran dan merealisaikan seluruh visi, misi, tujuan dan kebijakan kepala daerah,  kedalam program dan kegiatan di masing- masing OPD  dalam kurun waktu 5 tahun disertai dengan penganggarannya,”terang Sekda menambahkan.

Kepala Bappeda Pemkab Langkat, H Sujarno, mengatakan, sosialisasi ini sebagai langkah awal untuk memahami dan mendalami guna dapat  menjabarkan RPJMD. Sebab dalam proses penjabaran, guna penyusunan  RPJMD dan Restra OPD  perlu memperhatikan beberapa hal.

Diantaranya, melakukan tahapan yang intensif, efektif dan efisien terkait proses, agar konteks dan kontent penyusunan dokumen perencanaan tempat waktu dan berkulitas. Serta penyusunan Restra mengacu pada  visi dan misi RPJMD yang merupakan visi dan misi kepada daerah.

Selain itu, untuk menetapkan indikator dan target kinerja OPD,  harus sesuai dengan isu dan permasalahan 5 tahun kedepan dan sesuai tupoksi.

Karena visi  yang dicangankan, sambung Sujarno, diharapkan dapat menjadi solusi atas isu stategi Langkat, dengan  peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan masyarakat, pengetasan permaslahan sosial, penciptaan ketentraman dan ketertiban dan pelestarian budaya, pengelolaan SDA dan lingkungan hidup berkelanjutan, pemafaatan potensi ekonomi berbasis SDA untuk mendukung peningkatan kesejateraan dan daya saing ekonomi wilayah, meningkatkan ruang untuk mendukung ekonomi dan lingkungan hidup berkelanjutan.

Turut hadir para Asisten dan Staf Ahli Bupati Langkat, para Kepala Dinas, Badan, Bagian, Kantor dan Camat se Kabupaten Langkat.

Penulis:
Editor: Redaksi

Baca Juga