Tahun 2020, Langkat Optimis Turunkan Stunting 10 Persen

MEDAN – Pemprov Sumut melakukan penilaian kinerja kabupaten/kota dalam upaya pencegahan stunting terintegrasi tahun 2020. Untuk capaian ini, Pemkab Langkat optimis mampu menurunkan stunting hingga 10 persen.

Wakil Bupati Langkat H.Syah Afandi mengatakan, penilaian yang dilakukan Provinsi Sumut menjadi motivasi bagi daerah/kota di Sumut, untuk berbuat baik menurunkan angka stunting di daerah masing-masing. “Langkat optimis bisa menekan angka stunting hingga 10 persen,” kata Syah Afandin, Selasa (29/9/2020) dalam pertemuan.

Dijelaskan Syah Afandin, sebelumnya kasus stuntin di Langkat mencapai 53 persen, dan setelah ditangani serius maka tahun 2019 tinggal 18 persen.

“Hal ini dapat dicapai karena Langkat melakukan penanganan serius dengan mengambil langkah – langkah preventif dalam penanganan stunting, agar melahirkan generasi Langkat yang sehat dan cerdas,”ungkapnya.

Begitupun, Pemkab Langkat mengaku belum maksimal, sehingga saat ini Pemkab Langkat terus berupaya menekan angka stunting dengan target 10 persen di tahun 2020.  Langkah yang akan diambil, diantaranya melibatkan instansi dan pihak terkait, yaitu Bapeda, Dinkes, Dinsos, PMD dan lainnya dalam penanganannya.

Dengan melaksanakan koordinasi melalui Puskesmas, Posyandu Balita, Posyandu Ibu Hamil. Serta melakukan pemantauan oleh Camat, Kades/Lurah sampai Kepling.

Dalam menyalurkan makanan yang sehat, vitamin dan hal lainnya, sehingga cakupan asupan gizi tersebut  bisa mencegah stunting.

Kemudian, kepala Bapeda Langkat H.Sujarno, meyampaikan paparan intervensi pencegahan Stunting Langkat tahun 2020, yang dilaksanakan berdasarkan Peraturan Presiden No. 72 tahun 2019, tentang renacana kerja pemerintah tahun 2019 telah menetapkan percepatan penurunan stunting.

Peraturan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Nomor 15 tahun 2018 tentang pemuktairan rencana kerja pemerintah tahun 2019, tentang lokasi pelaksanaan intervensi penurunan stunting terintegrasi.

Serta surat Menteri Perencanaan Pembagunan Nasional/ Kepala Bappenas Nomor:B.198/M.PPN/D.5/PP.01.01/04/2019, tentang penyampaian Kabupaten/Kota lokasi pelaksanaan intervensi penurunan stunting terintegrasi tahun 2019.

Sementara, ketua tim penilai Stunting Provsu, Sukarni, mengatakan, bahwa Kabupaten Langkat harus terus menguatkan koordinasi dan kerjasama antar OPD terkait, agar semakin maksimal untuk menurunkan stunting di tahun 2020 ini, melalui aksi serta program yang tepat.