Tak Kenal Lelah, Ngogesa Bina BPD Terpilih Demi Sejahterahkan Masyarakat Desa

Medanmerdeka.com – Dipenghujung masa sisa jabatannya, Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH masih terus bersemanagat dan tak mengenal lelah demi tercapaianya kesejahteraan dan kemakmuran masyarakatnya.

Hal ini dilakukan Ngogesa dengan melantik dan membina anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) terpiluh periode 2018-2024 se-Teluk Aru, Senin (12/11/2018) di halaman Kantor  Camat Sei Lepan.

Sebelumnya hal yang sama juga sudah dilakukan terhadap anggota BPD se-Langkat Hulu dan Langkat Hilir, dengan jumlah keseluruhan sebanyak 1608 orang untuk periode 2018-2024.

Pembinaan BPD ini merupakan hal penting untuk tercapainya program Nawa Cita yang didengungkan Presiden Joko Widodo, dimana pemerataan pembangunan dari daerah pinggiran, yakni Desa.

Hal ini patut dilakukan, karena BPD dan Kepala Desa (Kades) sama-sama  memiliki peranan strategis dalam menyiapkan program dan kebijakan pemerintahan desa sehingga desa yang dibangun sesuai harapan semua masyarakat.

“Jika BPD dan Kades memilki visi dan misi yang sejalan, serta mengerti dalam melihat potensi di desanya, pasti desa tersebut bisa berkembang, dengan begitu masyarakatnya pasti akan menjadi makmur,” tegas Bupati Langkat.

Ngogesa berharap, BPD benar-benar bekerja sesuai visi misi pemerintah dan benar-benar membangun desa  dengan menampung aspirasi masyarakat desa dengan baik, serta melakukan pengawasan kepada Kades.

Salah satu fungsinya BPD, sebagai pengawas kinerja Kades, guna memastikan Kades melaksanakan pemerintahan Desa, sesuai dengan ketentuan Peraturan Desa (Perdes) yang sebelumnya telah disepakti bersama, dimana tujuanya sebagai aplikasi dari penjabaran visi dan misi Kades itu sendiri.

“Karena BPD, juga ikut  membahas dan menyepakati rancangan Perdes, dimulai dari penyiapan Perdes  tentang RPJM -Des, RKP-Des, APB-Des, sampai dengan Perdes yang berkenaan dengan kebijakan-kebijakan strategis Desa, dalam mengembangkan segala potensi dan kearifan Desa, yang sebelumnya diambil melalui penyaringan berbagai aspirasi dari masyarakat,”terangnya.

Hadiah Umroh

Di kesempatan yang sama, Bupati terpilih Terbit Rencana PA SE, memberikan hadiah umroh  kepada 7 orang bilal mayit dan penggali kubur, perwakilan dari 7 kecamatan, yaitu kecamatan Gebang, Babalan, Sei Lepan, Brandan Barat, Besitang, Pangkalan Susu dan Pematang Jaya.

Turut hadir Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin Mkes MM,  Bupati terpilih Terbit Rencana PA SE, unsur Forkopimda Langkat, para asisten dan staf ahli Bupati, para kepala OPD Pemkab Langkat, ketua KNPI Kabupaten Langkat H Rizky Yunanda Sitepu STP, para Camat dan unsur Forkopim se Teluk Aru, Kades dan anggota BPD priode 2018-2024 se Langkat Hilir dan hadirin lainnya.(ir/mm)

Penulis:

Baca Juga