Terbit Ingatkan OPD Langkat tidak Melanggar Ketentuan

INTRUKSI : Bupati Langkat Terbit Rencana pimpin apel perdana mengimbau ASN agar bekerja keras,cerdas dan tunas.(foto:mm)
INTRUKSI : Bupati Langkat Terbit Rencana pimpin apel perdana mengimbau ASN agar bekerja keras,cerdas dan tunas.(foto:mm)

STABAT - Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Langkat diingatkan agar memperkuat sinergi dan komunikasi dalam menjalan program kegiatan agar tidak melanggar ketentuan.

Pesan ini ditegaskan Bupati Langkat Terbit Rencana PA yang dibacakan Sekdakab H Indra Salahudin pada apel pagi, Senin kemarin (4/3/2019).

Penegasan ini, sambung Sekda, sebagai peringatan bagi organisasi untuk mematuhi peraturan dan undang-undang.

"OPD harus aktif komunikasi dalan menjalankan maupun melaksanakan program. Langkah ini harus dijalankan, agar tidak menimbulkan permasalahan di pengawasan maupun oleh penegak hukum," tegasnya.

Sekda berharap pesan ini dijalankan oleh masing-masing OPD hingga ke tingkat bawahan. Salah satunya laporan keuangan berdasarkan Permendagri No 13 tahun 2006 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah.

Sebagaimana ditegaskan dalam pasal 294, laporan keuangan SKPD merupakan dasar penyusunan laporan keuangan Pemda, serta mempedomani PP No 71 tahun 2010, tentang stadart akutansi pemerintah, dimana laporan keuangan masing-masing SKPD terdiri dari laporan realisasi anggaran, laporan operasional, laporan perubahan ekuitas, neraca dan catatan atas laporan keuangan.

Kemudian, Permendagri No 19 tahun 2016 tentang pedoman pengelolaan barang milik daerah, dalam pasal 12 ayat 3 dinyatakan, bahwa pimpinan OPD selaku pengguna barang milik  daerah berwenang dan bertanggung jawab, untuk menyusun dan menyampaikan laporan barang semesteran dan tahun, yang berada dalam penguasaannya, kepada pengelola barang.

Menyangkut hasil audit BPK RI perwakilan Provsu, telah melaksanakan pemeriksaan LKPD Kabupaten Langkat TA 2018, maka diminta kepada seluruh pimpinan OPD, agar menindaklanjuti indikasi permasalahan LKPD TA 2018 dimaksud.(mm)

Penulis: Amri
Editor: Redaksi

Baca Juga