Bertemu Para Kepala Desa di Dairi

Gubsu Ingatkan Kualitas Pengelolaan Dana Desa

DAIRI - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mengingatkan kepada para kepala desa di Sumatera Utara (Sumut) tentang pengelolaan dana desa yang dialokasikan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Hal itu disampaikan dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Dairi, Jumat (25/1/2019).

Hadir diantaranya Wakil Bupati Dairi, Anggota DPRD Sumut Muchrid Nasution Nasution, Kepala Dinas PMD Aspan Sofian, Kadis Pendidikan Arsyad Lubis, Asisten Pemerintahan Jumsadi Damanik serta Kabiro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Ilyas Sitorus. "Saya memang datang mau ketemu kepala desa. Karena ini menjadi prioritas negara saat ini. Jadi harus bisa dikelola dengan baik," ujar Gubsu saat pertemuan di Balai Budaya Pemkab Dairi.

Kepada ratusan Kepala Desa dari Dairi, Pakpak Bharat dan Karo, Gubsu juga menyebutkan bahwa kondisinya banyak yang belum maksimal mengelola anggaran tersebut. Padahal alokasi saat ini sedikitnya Rp1 Miliar per desa per tahun.Sehingga jika tidak digunakan sesuai kebutuhan atau bahkan disalahgunakan, akan ada hukuman untuk itu.

"Saya kira tak perlu banyak ikut bimtek menghabiskan anggaran. Yang penting dana desa itu bagaimana digunakan untuk program bermanfaat," kata Gubsu.

Karena itu, Gubsu menegaskan dirinya akan melakukan monitoring (pengawasan) ke berbagai desa di Sumut. Tujuannya untuk memastikan apakah desa yang mendapat kucuran dana APBN, menjadi lebih baik dari segala hal.

Dengan demikian, dalam beberapa tahun depan, diharapkan ada perubahan signifikan. "Nanti saya akan lihat lagi, saya akan panggil ke Kantor Gubernur ini para kepala desa. Itu akan dilakukan acak. Supaya kita tahu, apakah ada perubahan dalam beberapa tahun ini," pesan Edy Rahmayadi.

Sementara Bupati Dairi  Johnny Sitohang Adinegoro dalam sambutannya menyampaikan permohonan agar Pemerintah Provinsi Sumut bisa memberikan perhatian lebih, seperti alokasi dana pembangunan untuk membantu APBD mereka. "Terimakasih kehadiran Bapak Gubernur. Kami berharap ada perhatian dari provinsi, karena APBD kita memang kecil," ujarnya.

Usai pertemuan, Gubsu Edy Rahmayadi pun diberikan penghargaan berupa pakaian adat Pakpak dihadapan ratusan kepala desa yang hadir. (mm)

Penulis:

Baca Juga

ca-pub-5353671782241986