oleh

Pakpak Bharat-Pemko Surabaya Jalin Kerjasama

Medanmerdeka.com – Kabupaten Pakpak Bharat menandatangani perjanjian kerjasama dengan Pemkot Surabaya, lintas perkotaan dengan tujuan efisiensi dan efektivitas serta sinergitas dalam penyediaan pelayanan umum.

Adapun tujuan kesepakatan ini yaitu teknologi informasi terbatas dan pembelajaran sistem aplikasi, perdagangan, serta bidang-bidang lain sesuai dengan kebutuhan yang dipandang relevan.

Nota Kesepakatan Bersama ditandatangani Bupati Pakpak Bharat, Dr Remigo Yolando Berutu M.Fin, MBA diwakili Sekda, Sahat Banurea, S.Sos, MSi, bersama Wali Kota Surabaya, Ir Tri Rismaharini MT di Balai Kota Surabaya, Kamis kemarin (31/5/2018) sekaligus memperingati Hari Jadi Kota Surabaya yang ke-725, dan dilakukan secara kolektif bersama Pemkab Pakpak Bharat serta 15 Kabupaten dan Kota se-Indonesia.

Di tempat terpisah, Bupati Remigo menyatakan apresiasinya atas pelaksanaan penandatanganan nota kesepakatan bersama ini. “Ini adalah bentuk meminimalisir kompetisi dan menjadi penguatan sinergi antar pemerintah daerah, sehingga akan semakin mendukung pelaksanaan pembangunan untuk mensejahterakan masyarakat di Indonesia dengan saling bergandengan tangan,” katanya.

Wali Kota Surabaya Ir Tri Rismaharini MT mengatakan bahwa mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) merupakan cita-cita segenap pemerintah daerah di Indonesia. “Di antaranya adalah melalui pencegahan KKN dengan melakukan perbaikan sistem yang akuntabel serta penyelenggaraan pelayanan masyarakat yang transparan dan terintegrasi melalui pemanfaatan teknologi informasi,”ujarnya.

Melalui sistem e-government yang dibangun sejak 2003, Pemko Surabaya dapat melakukan penghematan-penghematan. “Penghematan ini dapat dialihkan menjadi belanja yang lain terutama yang berkaitan dengan masyarakat, seperti sekolah gratis bagi pelajar, biaya pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin dan kelompok tertentu dan pemberian makanan tambahan (PMT) bagi anak-anak, ibu hamil serta lansia, dan sebagainya,” tandasnya.

Dalam kesempatan ini Sekda juga menyerahkan cendera mata khas Pakpak Bharat berupa kain ‘Oles’ dan plakat kepada Walikota Surabaya.(amri/mm)

Komentar

News Feed