Pakpak Bharat Peringati Hari Sumpah Pemuda

Medanmerdeka.com – Pemkab Pakpak Bharat menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun 2018, Senin lalu di Lapangan Napasengkut, Salak.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda diikuti instansi pemerintah, TNI, Polri, ASN, Organisasi Pemuda, pelajar hingga masyarakat Kabupaten Pakpak Bharat.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Sekdakab Pakpak Bharat, Sahat Banurea S,Sos, MSi, sedangkan bertindak sebagai komandan upacara, Budi Rasmianto Berutu dari ormas pemuda KNPI.

Menpora RI Imam Nahrawi dalam amanatnya yang dibacakan Sekdakab Sahat mengatakan, peringatan Sumpah Pemuda 2018 dengan tema “ ‘Bangun Pemuda Satukan Indonesia’.

Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam kerangka NKRI.

Revolusi Mental yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo, amatlah relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju. “Ciri pemuda yang maju adalah pemuda berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing. Oleh karena itu Revolusi Mental harus dapat kita jadikan sebagai pemicu untuk mempercepat terwujudnya pemuda yang maju. Dengan mewujudkan pemuda yang maju berarti kita menghasilkan bangsa yang hebat”, terangnya.

Diakhir sambutannya, pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa.

“Maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik,” ungkapnya.(zt/mm)

Comment