oleh

Pakpak Bharat Raih Penghargaan UHC JKN-KIS Award 2018

Medanmerdeka.com – Bupati Pakpak Bharat, DR Remigo Yolando Berutu MBA,M.Fin menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat)  Award 2018 di Hotel Grand Mercure,  Jakarta, Rabu kemarin (23/5/2018).

Prestasi gemilang ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada Bupati Pakpak Bharat karena keberhasilannya mencapai 95 persen masyarakatnya sudah tercover dalam porgram JKN-KIS 2018. Penghargaan bergengsi ini diserahkan langsung Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo kepada Dr Remigo Yolando Berutu MBA, M.Fin.

Dikatakan Mendagri, penghargaan diberikan kepada kepala daerah karena telah mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sebagai Program Strategis Nasional dalam mewujudkan Universal Health Coverage di wilayahnya lebih awal sebelum tahun 2019.

“Secara komprehensif seluruh kepala daerah harus memahami lingkungan yang sehat, sanitasi yang sehat, air bersih, sebagai titik utama ini didorong dengan JKN-KIS. Harus adil seimbang menjangkau seluruh masyarakat, saya kira seluruh buruh seluruh PNS harus punya semua,” kata Tjahjo.

Di tempat terpisah Kepala Dinas Kesehatan Pakpak Bharat, Tomas mengatakan, sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 8 Tahun 2017 tentang Optimalisasi Program JKN-KIS, Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat sudah mengalokasikan anggaran untuk pelaksanaan Program JKN-KIS, dan memastikan seluruh penduduk Kabupaten Pakpak Bharat 95 persen sudah terdaftar dalam JKN-KIS dan telah menyediakan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan sesuai standar kesehatan.(amri/mm)

 

Komentar

News Feed