oleh

Pakpak Bharat Sepakat Tolak Terorisme-Radikalisme

Medanmerdeka.com – Pemkab Pakpak Bharat bersama unsur Forkopimda melakukan langkah koordinasi lintas sektoral, sekaligus mendeklarasikan komitmen bersama menjaga keutuhan NKRI, Rabu (16/5/2018) lalu di Bale Sada Arih. Langkah yang digagas Bupati Dr Remigo Yolando Berutu M.Fin MBA ini sebagai bentuk menolak aksi terorisme dan radikalisme.

Dalam kesempatan itu, Remigo mengajak masyarakat agar tidak mudah terprovokasi dan mendukung aparatur keamanan mengambil tindakan tegas sesuai aturan yang berlaku.”Peristiwa bom bunuh diri yang terjadi belakangan ini bukan berkaitan dengan agama, namun merupaka aksi terorisme,” tegas Remigo.

Deklarasi itu kemudian ditindaklanjuti dengan pembubuhan tandatangan yang dilakukan Bupati Remigo, Kapolres, Perwakilan Kodim 0206, toko agama, adat dan masyarakat. “Saya sebagai Bupati Pakpak Bharat dan pribadi mengucapkan turut berbela sungkawa yang sedalam-dalamnya kepada masyarakat yang menjadi korban bom bunuh diri di sejumlah lokasi di Indonesia, khususnya anggota Polri,” tegas Remigo.

Menyikapi teror yang semakin meluas, Remigo mengajak seluruh lapisan masyarakat turut waspada. Ancaman teror yang menghantui masyarakat belakang ini bukan dilakukan oleh agama tertentu, namun oleh mereka yang telah dihasul dan diracuni ideologi radikalisme.

“Tidak ada teroris di Pakpak Bharat. Paham radikalisme nggak ada. Tapi siapa yang tahu. sel radikalisme yang sebelumnya sedang tidur, belakangan ini mulai bekerja, sudah mulai bangun. Ini bukan agama tapi ideologi radikalisme yang sudah meracuni pikiran masyarakat tertentu,” jelasnya.

Apalagi kondisi geografis Pakpak Bharat yang berbukit dan berbatasan langsung dengan Provinsi Aceh, maka sangat perlu dilakukan. “Para pelaku teror bisa saja menjadikan Pakpak Bharat sebagai tempat bermukim, mengingat wilayah kita berbukit, pemukiman masyarakatnya berpencar dan karakter masyarakat kita yang cenderung tak peduli. Kabupaten kita ini dekat dengan Aceh. Semua masih bisa terjadi,” ungkapnya.

Hadir dalam kesempatan ini, unsur Forkopimda Kabupaten Pakpak Bharat, antara lain Bupati Pakpak Bharat, Dr. Remigo Yolando Berutu, M.Fin, MBA, Ketua DPRD, Sonni P. Berutu, STh, bersama para Wakil Ketua dan anggota DPRD, Kapolres, AKBP Ganda MH Saragih, SIK, dan perwakilan Forkopimda serta beragam elemen golongan dan agama yang tergabung dalam FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama), FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat), FPK (Forum Pembaruan Kebangsaan), BKAG (Badan Kerjasama Antar Gereja), MUI (Majelis Ulama Indonesia), KWI (Konferensi Wali Gereja Indonesia), Sekda, Sahat Banurea, S.Sos, M.Si bersama para pimpinan OPD dan para Kabag Setda, pimpinan instansi vertikal, para Kepala SMA dan SMP, temasuk juga para Kepala Desa se-Kabupaten Pakpak Bharat, pemuka masyarakat dan pemuda.(amri/mm)

News Feed