Pemko Sidimpuan Alokasikan Anggaran Pembelian Lahan TPA 10 Hektare

SIDIMPUAN – Komisi VII DPRD Sumut kemarin melakukan lawatan ke Pemko Padangsidimpuan. Dalam pertemuan ini, persoalan tempat pembuangan akhir sampah menjadi isu utama dalam pembahasan.

Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, mengatakan areal Batu Bola yang digunakan sebagai tempat pembuangan akhir (TPA) sebenarnya bukan kawasan resmi TPA sampah Kota Padangsidimpuan.

“Selama ini memang dibuang di Batu Bola, dan itu sudah ada sejak Pemko Padangsidimpuan berdiri. Jadi bukan memang dirancang dari awal. Pemko belum memiliki TPA resmi dan ini sudah menjadi tanggungjawab kami,” jelasnya kepada rombongan DPRD Sumut.

Untuk itu, sambung Irsan, Pemko bersama DPRD setempat sudah menyusun alokasi anggara untuk pengadaan 10 hektare lahan TPA.

“Kita cari lokasi baru dan anggarannya sudah disiapkan. Persoalan di Batu Bola itu nanti menjadi tanggungjawab Pemko untuk menyelesaikannya,” pungkas Irsan.

Menanggapi penjelasan Wali Kota, Ketua rombongan DPRD Sumut Sutrisno Pangaribuan, mengapresiasi. Sebab, persoalan sampah memang sudah menjadi persoalan serius kabupaten/kota di Sumut, untuk itu diperlukan penanganan yang serius pula.

Baca Juga