Pemkot Sidimpuan Gali Potensi Wisata Lokal

Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution memberikan aragan pada Seminar Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan, Kamis (7/11/2019) di Aula MAN 2 Model.(Foto/Istimewa)

SIDIMPUAN – Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, membuka Seminar Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan, Kamis (7/11/2019) di Aula MAN 2 Model.

Dijelaskan Irsan, sektor pariwisata merupakan tumpuan sektor PAD Kota Padangsidimpuan dimasa mendatang. Hal ini menjadi prioritas karena objek wisata alam yang dimiliki terbatas, oleh karena itu sektor pariwisata buatan harus dikembangkan dengan membutuhkan inovasi dan kreativitas yang handal.

Oleh karena itu, Irsan meminta seluruh komponen dan stakeholder untuk kompak dan bersinergi. Untuk itu, semua yang hadir agar menyampaikan ide dan gagasan, serta pengetahuannya terkait sektor pariwisata.

“Hasil FGD ini akan dijadikan rujukan serta blueprint dan modal awal kita untuk melakukan ikhtiar peningkatan serta percepatan pembangunan untuk pariwisata berkelanjutan,” tegas Irsan.

Ina Herliana Koswara, M.Sc dari Pusat perencanaan dan pengembangan kepariwisataan Intitut Teknologi Bandung (ITB) menyampaikan pedoman utama bagi perencanaan, pengelolaan dan pengendalian pembangunan kepariwisataan di tingkat daerah tercatut didalamnya visi, misi, tujuan, sasaran, kebijakan, strategi, rencana, dan indikasi program yang perlu dilakukan oleh para pemangku kepentingan dalam pembangunan kepariwisataan.

“Kita akan memetakan daya tarik wisata, mengukur pasar wisatawan, dan seluruh potensi yang dimiliki kota Padangsidimpuan ini,” kata Ina.

FGD dihadiri Kadis Pariwisata Mahlil Harahap, Kaban Baperlitbang M Jusar Nasution, Kadis Kominfo Islahuddin Nasution, Kabag Humas dan Protokol Nurcahyo Budisusetyo, dan seluruh stakeholder perangkat daerah untuk sektor pariwisata.

Baca Juga