Plt Bupati Asahan Hadiri Upacara HUT ke-74 TNI AL TBA

Komandan Lanal Tanjungbalai Asahan, Letkol Laut (P) Ropitno Sudiro, menghembus lilin HUT ke-74 tahun TNI AL.(Foto:MEDANmerdeka/Ist)

ASAHAN  – Plt Bupati Asahan H Surya BSc, menghadiri upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 TNI AL, di Mako TNI AL TBA, Desa Asahan Mati, Kecamatan Tanjungbalai. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Komandan Lanal Tanjungbalai Asahan, Letkol Laut (P) Ropitno Sudiro, Selasa (10/9/2019).

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji dalam amanatnya yang dibacakan Komandan Lanal Tanjungbalai Asahan, Letkol Laut (P) Ropitno Sudiro mengatakan, selama 74 tahun TNI AL telah menunjukkan jadi dirinya sebagai komponen pertahanan negara yang tangguh di tengah perubahan lingkungan strategis yang kian dinamis.

Ancaman pada lingkup nasional dan regional menuntut perhatian terus menerus dan tindakan mitigasi yang tepat pula. TNI AL sudah aktif terlibat dalam menjamin kepentingan maritim Indonesia, terutama pada pelaksanaan tugas sesuai amanat undang-undang.

Tugas TNI AL yaitu bidang pertahanan matra laut, penegakan hukum dan keamanan maritim, diplomasi maritim, pembangunan, pengembangan kekuatan maritim dan pembinaan wilayah pertahanan laut.

Beberapa langkah dan starategis diterapkan agar efektif dapat memenuhi komitmen kita kepada bangsa dan negara. Komitmen ini ditujukan untuk membuat struktur kekuatan AL agar lebih efesien dan selalu berorientasi pada hasil serta kesiapan operasi.

Mewujudkan AL yang professional dan modern, dimulai pada bidang perencanaan dan pembangunan kekuatan modernisasi alutsista yang ditujukan untuk mencapai kesiapan tempur sudah ditata dalam perencanaan stratgeis AL 5 tahun ke depan dalam kerangka kekuatan AL yang selalu siap dioperasionalkan atau dikenal dengan Operational Ready Force.

“Kekuatan ini bisa dicapai dengan personel professional, pemenuhan senjata, amunisi serta kelengkapan sarana dan prasarana dan dukungan logistic yang terpadu. Sehingga TNI AL akan mencapai postur yang diharapkan baik secara kualitas dan kuantitas,” tegasnya.

Menyertai upacara yang syarat dengan nuansa kebanggan ini, Kepala Staf Angkatan Laut mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada segenap perwira, bintara dan tamtama atas dedikasi, loyalitas dan pengabdian yang telah diberikan dalam mendukung keberhasilan tugasyang diemban.

Kepala Staf AL juga mengingatkan para personel TNI AL untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Tingkatkan SDM unggul, Tingkatkan Kesiapsiagaan, Perkuat Semangat Persatuan dan Kesatuan, dan Kembangkan Intuisi dan naluri prajurit matra laut.

Setelah upacara digelar, Komandan Lanal Tanjungbalai Asahan, Letkol Laut (P) Ropitno Sudiro melakukan ramah tama dengan Plt Bupati Asahan H Surya BSc, dan tampak hadir Ketua DPRD Kab. Asahan Baharuddin Harahap, Wakapolres Asahan, Dandim 0208/AS, Forkopimda Kodya Tanjung Balai, dan Forkopimda Kabupaten Batubara.

Dalam kesempatan ini, Surya mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke 74 TNI Angkatan Laut semoga kedepan TNI AL semakin Maju dan terkhusus kepada Danlanal TBA beliau berharap agar ke depan dapat terus menjalin kerjasama dengan Pemkab sekitarnya. Selanjutnya Acara diakhiri dengan pemotongan nasi tumpeng dan makan bersama.

Penulis: Rahmadhika
Editor: Redaksi

Baca Juga