Polisi Tangkap Pelaku Pembakar Al Quran di Langkat

Medanmerdeka.com - Pihak kepolisian akhir berhasil mengungkap otak pelaku dibalik pembakaran Mushaf Al Quran di halaman belakang Masjid Nurul Huda, Kelurahan Payamabar, Kecamatan Stabat. Pelakunya berisinial Z (39), warga Kelurahan Pekan Besitang, Kecamatan Besita, Langkat.

Penangkapan ini dibenarkan Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja. Dikatakan Tatan, pelaku Z diamankan Jumat (28/12/2018) sekira pukul 08.00 WIB, tak jauh dari tempat tinggalnya.

Dari hasil pemeriksaan awal, pelaku Z mengaku membakar Al Quran yang sudah rusak."Pengakuannya dia membakar Al Quran rusak dan sudah koyak," jelas Tatan. Namun polisi masih mendalami keterangan pelaku dengan mengambil bukti dan saksi-saksi lain.

"Ya boleh-boleh saja dia mengaku begitu, kita akan dalami keterangannya sekaligus mengungkap motif dibalik kasus ini, dan tak tertutup kemungkinan ada tersangka lain," kata Tatan.

Kendati begitu, ia berharap, agar masyarakat jangan mudah terprovokasi oleh isu yang sengaja disebar untuk menciptakan situasi tidak kondusif dan perpecahan di dalam kehidupan bermasyarakat.

“Saya harap masyarakat tetap solid dan bergandengan tangan menjaga situasi kamtibmas yang kondusif di Sumut, jangan mau dipecahbelah,” pungkasnya

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, kasus pembakaran Al Quran Masjid Nudul Huda terjadi Senin lalu (24/12/2018) pukul 15.00 WIB. Warga yang mengetahui adanya pembakaran ini melaporkannya segera ke pihak berwajib. Sedangkan pelakunya ketika itu tidak diketahui.(ir/mm)

Penulis: Amri
Editor: Redaksi

Baca Juga