Polres Simalungun Awasi Daerah Rawan Longsor

Medanmerdeka.com - Polres Simalungun memberikan perhatian khusus terhadap pengamanan di jalur lintasan arus mudik Tahun Baru 2019, yang rawan longsor dan terancam putus.
Kapolres Simalungun, AKBP M Liberty Panjaitan klmengatakan, pihaknya fokus dalam mengamankan ruas jalan lintasan arus mudik Tahun Baru yang rawan longsor dan putus, terutama di jalan nasional Pematangsiantar-Parapat, jalan provinsi Pematangsiantar-Perdagangan, jalan provinsi Pematangsiantar-Saribudolok dan jalan provinsi Pematangsiantar-Tanah Jawa.
"Pengamanan khusus dilakukan di ruas jalan rawan longsor dan putus untuk mengantisipasi gangguan perjalanan yang cukup lama dialami pemudik jika tidak dilakukan pengaturan dan penanggulangan yang cepat jika jalab putus atau tertutup longsor dan banjir," sebut Liberty, Kamis (27/12/2018).
Disamping itu, kepolisian juga sudah berkoordinasi dengan Pemkab Simalungun dan instansi terkait lainnya dalam penanggulangan jalan longsor,serta menyiapkan sejumlah ruas jalan alternatif dan rekayasa lalulintas ,jika terjadi kemacetan lalulintas.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pemkab Simalungun,Beny Saragih mengatakan pihaknya menyiagakan sejumlah alat berat yang dibutuhkan untuk penanggulangan cepat jalan yang tertutup longsor atau rusak akibat bencana alam.
"Sejumlah alat berat yang dibutuhkan untuk penanggulangan jalan yang rusak atau tertutup longsor disiapkan meskipun lokasinya berada di jalan provinsi atau jalan nasional pemerintah daerah tetap melakukan penanganan sementara sehingga arus mudik Tahun Baru tidak terganggu," ujar Beny.(ir/mm)