Ribuan Orang Padati Lapangan Merdeka Medan

Saksikan Upacara HUT ke-74 Kemerdekaan RI

MEDAN - Ribuan orang memadati kawasan Lapangan Merdeka Medan menyaksikan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Sabtu (17/8/2019). Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi.

Rangkaian upacara diisi dengan peringatan detik-detik Proklamasi yang dibacakan Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman. Setelahnya ditandai dengan membunyikan sirene tanda Kemerdekaan RI telah diproklamirkan pada 17 Agustus 1945, tepat 74 tahun yang lalu.

Hening cipta dipimpin Irup Edy Rahmayadi dilakukan untuk mengenang perjuangan para pahlawan, pendahulu bangsa yang berjuang menghantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan, sebagaimana tertulis di teks proklamasi.

Dalam kesempatan itu, Edy yang usai menyaksikan pengibaran bendera Merah Putih oleh pasukan pengibar bendera (Paskibra) dari 33 kabupaten/kota, turut menikmati penampilan dari tim tari Bukit Barisan yang dipersembahkan oleh Kodam I/BB, dengan tema tarian multi etnik Sumatera Utara.

Bersama Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah, Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah, Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto serta para pimpinan Forkopimda lainnya, Gubernur bahkan ikut menarikan tarian kolosal multi etnis bersama para tamu undangan, termasuk tamu kehormatan konsul negara sahabat.

“Majulah, jangan pernah berhenti dan tidak pernah menyerah untuk membuat Sumatera Utara kita menjadi provinsi yang bermartabat,” sebut Edy, usai mengikuti serangkaian acara pada upacara pengibaran bendera Merah Putih di Lapangan Merdeka Medan, didampingi Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi.

Sebelum beranjak, Gubernur pun menerima permintaan masyarakat yang ingin mengabadikan foto bersama dengan orang nomor satu di Pemprov Sumut. Meskipun harus berdesakan, Edy tetap menyambut dan melayaninya.

Termasuk Wakil Gubernur yang juga hadir bersama Wakil Ketua TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah. Sambil menyambut salam dari warga yang memadati lokasi pendopo Lapangan Merdeka Medan, pria yang akrab disapa Ijeck ini berharap agar seluruh rakyat bisa memaknai hari kemerdekaan dengan rasa syukur.

Selain upacara, juga digelar kegiatan Donor Darah oleh PMI Kota Medan di tepi Lapangan Merdeka. Karena itu, meskipun upacara pengibaran bendera Merah Putih selesai, masyarakat masih memadati kawasan titik nol Kota Medan tersebut.

Penulis: Ahmad Rizal
Editor: Redaksi

Baca Juga