Selama Bulan Ramadhan, PLN Diminta Jangan Padamkan Listrik

DELISERDANG - PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Lubuk Pakam diminta jangan memadamkan listrik selama bulan Ramadhan 1440 Hijriah berlangsung.

Hal itu disampaikan Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Deliserdang, Julyadi Pulungan menanggapi kerap listrik padam dalam beberapa hari belakangan.

Untuk itu, dia meminta PLN UP3 Lubuk Pakam untuk tidak melakukan pemadaman listrik selama bulan Ramadhan. "Kami ingatkan kepada PLN untuk tidak melakukan pemadaman listrik selama bulan Ramadan, terutama saat waktu buka puasa, salat tarawih, dan waktu sahur karena akan merugikan mengganggu kenyamanan masyarakat yang sedang menjalankan ibadah," tegasnya, Sabtu (11/5/2019).

Dikatakannya, hal tersebut harus dipahami oleh PLN terutama PLN UP3 Lubuk Pakam yang melayani wilayah Kecamatan Lubuk Pakam, Pancur Batu, Kutalimbaru, Deli Tua, Namorambe, Sibolangit, Biru-biru, Patumbak, Tanjung Morawa, Sinembah Tanjung Muda Hilir, Percut Sei Tuan, dan Batang Kuis.

"Untuk dapat menghargai kaum muslimin selama menjalankan ibadah Ramadan dan agar dalam pelaksanaannya lebih khusuk dan nyaman, kami minta PLN jangan lah memadamkan listrik selama ibadah Ramadan berlangsung," ungkapnya.

Menurut Julyadi, pengalaman setiap tahun pemadaman listrik tiba-tiba sering terjadi dan terkesan disengaja karena di beberapa titik ditemukan pemadaman terjadi di waktu-waktu berbuka dan sahur. "Seperti yang terjadi sebelumnya listrik pun padam padahal pas jam tersebut ibu-ibu sedang repot-repotnya menyiapkan santap sahur untuk keluarganya. Tiba-tiba mati listriknya. Kan jadi terganggu sahurnya," ujarnya.

Dia mengingatkan jika pun ada jadwal pemadaman karena kerusakan atau perbaikan salah satu pembangkit dapat memberitahukan terlebih dahulu agar masyarakat atau pelanggan juga bisa melakukan antisipasi dan langkah-langkah persiapan lainnya.

Namun, saat ini masyarakat sangat membutuhkan kenyamanan tersebut dalam rangka menjalankan rangkaian ibadah puasa ramadhan. "Jadi harapan kami agar PLN Lubuk Pakam berkomitmen untuk tidak melakukan pemadaman listrik selama bulan Ramadhan," pintanya.

Ditambahkannya, jika harapan ini tidak diindahkan oleh pihak PLN UP3 Lubuk Pakam, PC GP Ansor akan melakukan langkah-langkah konkrit. "Insya Allah kita dari PC GP Ansor Deliserdang akan melakukan langkah-langkah lain untuk mengingatkan pihak PLN. Semisal membuat spanduk himbauan kepada PLN di beberapa titik terutama di Kantor PLN UP3 Lubuk Pakam, mengajak masyarakat terutama kaum ibu-ibu untuk mendatangi PLN dan semisal lainnya," tambahnya. (mm)

Penulis: Ardy
Editor: Mauza

Baca Juga