212 Calhaj Sergai Ikuti Manasik Haji

Medanmerdeka.com – Sebanyak 212 calon jamaah haji (Calhaj) Kabupaten Serdang Bedagai mengikuti bimbingan manasik haji, Kamis (5//72018) di Kantor Kementrian Agama RI Kabupaten Serdang Bedagai di Sei Rampah.

Hadir dalam kesempatan ini, Wabup Sergai Darma Wijaya, Kapolres Sergai AKBP Juliarman Eka Pasaribu, , Kajari Sergai Jabal Nur, SH, MH, Kepala Kemenag Sergai H M Safii, Ketua GOPTKI Hj Rosmaida Darma Wijaya, Kabag Kesra Sudarno, Ketua MUI Sergai H Luckman Yahya, Ketua FKUB Irfan El-Fuadi Lubis, Ketua Baznas H Hazpul Husnain, SH.

Wabup Darma Wijaya mengatakan, yang mendapat kesempatan ke tanah suci sudah sepantasnya bersyukur karena masih banyak diantara saudara-saudara kita yang seharusnya berangkat akan tetapi harus tertunda keberangkatanya karena berbagai hal.

Oleh karenanya kepada kita semua agar dapat menyiapkan diri dalam melaksanakan ibadah haji, baik persiapan fisik maupun mental, disamping juga pemahaman tentang tata cara pelaksanaan haji sehingga para jamaah calon haji dapat menunaikan ibadah sesuai ketentuan syariat Islam dan dapat mengerjakan seluruh syarat dan rukun dengan sempurna.

Darma meng-imbau calon jamaah haji untuk dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya selama pelaksanaan manasik haji. “Kami yakin dan percaya semua jama’ah calon haji tentunya berkeinginan agar nantinya dapat menunaikan ibahanya dengan baik dan benar sehingga sekembalinya dari tanah suci Mekkah dapat menyandang predikat sebagai haji yang mabrur,” terangnya.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Pemkab Sergai telah menganggarkan beberapa kegiatan untuk mendukung Kemenag dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun 2018 antara lain: pertama dukungan pembuatan Passort jamaah calon haji, kedua pelaksanaan kegiatan manasik akbar jamaah calon haji, ketiga tepung tawar jama’ah calon haji, keempat pemberangkatan jamaah calon haji dan kelima penjemputan jama’ah haji”, ungkap Darma Wijaya.

Sebelumnya Kepala Kemenag Sergai H M Safii menyampaikan,  bahwa Bimbingan Manasik Haji Kabupaten Sergai berlangsung selama 3 hari yakni mulai Kamis-Sabtu tanggal 5-7 Juli 2018. Dimana Jumlah peserta bimbingan Manasik haji sebanyak 212 orang terdiri dari Laki-laki : 86 orang dan Perempuan : 126 orang. Nantinya Jamaah haji Kabupaten Sergai tergabung dalam kloter Mes-6 yang terdiri dari Kabupaten Sergai, Labuhan Batu, Langkat dan Karo.

Selanjutnya Jadwal pemberangkatan jama’ah haji dimulai pada tanggal 28 Juli, masuk asrama haji 27 Juli  dan jadwal pemulangan jama’ah haji kloter 6 dimulai pada tanggal 7 September 2018″, terang Kemenag Sergai.(santarwi/mm)

Comment