Bupati Bersama Forkopimda Sergai Tinjau Pelaksanaan Ibadah Jumat Agung

: Bupati Sergai H. Darma Wijaya didampingi Forkopimda meninjau pelaksanaan Jumat Agung di Gereja di Sergai, Jumat (2/4/2021). (Foto: MEDANmerdeka/Ist)

SERGAI - Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya bersama unsur Forkopimda melakukan peninjaun pelaksanaan Ibadah Jumat Agung Umat Kristiani di beberapa tempat ibadah, Jumat (2/4/2021).

Adapun rute perjalanan yang dilalui Bupati Sergai bersama unsur Forkopimda adalah dengan terlebih dahulu berkumpul di Kantor Bupati Sergai.

Kemudian di Kecamatan Sei Rampah peninjauan Ibadah Jumat Agung dilakukan di Gereja HKBP Resort Sei Rampah Pangkalan Budiman, selanjutnya bergerak menuju GKPI Pangkalan Budiman, dengan masing- masing gereja menggelar ibadah pukul 10.00 WIB.

Usai peninjauan di Kecamatan Sei Rampah, rombongan menyambangi Gereja HKBP Desa Kotagaluh jalan Melati Kecamatan Perbaungan, dilanjutkan menuju GKPS Kelurahan Simpangtiga Pekan dan jalan Kabupaten Perbaungan.

Sembari melakukan peninjauan Ibadah Jumat Agung, Bupati Sergai H Darma Wijaya dan unsur Forkopimda juga melakukan pemantauan penerapan Protokol Kesehatan (Protkes) dengan membagikan masker dan handsanitizer kepada jemaat /umat Kristiani di Gereja masing-masing serta masyarakat pengguna jalan di sekitar Simpang Pantai Cermin Kel Simpangtiga Pekan Kecamatan Perbaungan.

Bupati menyebut, kegiatan hari ini merupakan bentuk kebersamaan dan kepedulian Pemkab Sergai serta unsur Forkopimda dalam menjaga kondusivitas Kabupaten Sergai.

Selain itu, lanjut Darma Wijaya, umat beragama di Sergai juga dijamin haknya untuk menjalankan ibadah, seperti yang terlihat hari ini di mana kita umat Kristiani dapat menunaikan Ibadah Jumat Agung di gereja masing-masing dengan aman dan damai.

Sementara itu Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang menyatakan kekagumannya terhadap kerukunan umat beragama di Sergai. Hal ini ia sampaikan setelah melihat bagaimana semua komponen masyarakat dan kelompok-kelompok pemuda turut serta melakukan pengamanan di gereja-gereja.

“Ini hal yang luar biasa. Kebersamaan, kerukunan umat beragama di Sergai dapat berjalan kondusif berkat toleransi masyarakat Sergai. Dan ini sejalan dengan visi Bupati-Wakil Bupati Sergai, terutama pada poin religius dimana kerukunan umat beragama bisa terpelihara,” tutur Kapolres.

Pada kesempatan ini Bupati Sergai Darma Wijaya didampingi Kapolres Sergai dan Kajari Sergai Donny Setyawan memberikan masker bagi pengguna jalan di Simpang Tiga Pantai Cermin, Perbaungan, Sergai. .

Seluruh agenda hari ini dihadiri juga oleh pihak-pihak lintas sektor dan bidang di antaranya Ketua FKUB Sergai Drs. H. M. Irfan Elfuadi Lubis, Kakan Kemenag Sergai H. Zulkifli Sitorus, MA, perwakilan MUI Sergai, mewakili Dandim 0204/DS, Jajaran Kepala OPD dan para Camat.