Desa Celawan Dirikan Pos Penyekatan Mudik Lebaran

Kepala Desa Celawan Tuhadi (kanan) di Pos penyekatan Mudik Lebaran di Dusun X Desa Celawan Kecamatan Pantai Cermin Sergai, Sabtu (9/5/2021). (foto:mm/ist)

PANTAI CERMIN - Pemerintahan Desa Celawan Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai bersama LSM Barak, Ormas Pemuda Pancasila (PP) bersinergi bahu membahu mendirikan posko penyekatan alur mudik lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah, di pintu masuk di Dusun X, Sabtu (9/5/2021).

Kepala Desa Celawan Tuhadi S mengatakan, pendirian posko penyekatan alur mudik menyampaikan, pembuatan posko alur mudik di Desa Celawan ini untuk menyahuti.

Surat edaran satuan tugas penanganan covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang peniadaan mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H dan upaya pengendalian penyebaran COVID-19, serta diperkuat dengan surat edaran Bupati Sergai Nomor 18.2/445/2648/2021,tentang pembatasan kegiatan selama bulan suci ramadhan dan libur hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

"Posko penyekatan alur mudik ini didirikan selama jelang lebaran untuk mengantisipasi pencegahan penyebaran COVID-19," katanya kepada medanmerdeka.com.

Sambungnya lagi, pemerintahan Desa juga menyediakan ruang isolasi, tenaga medis yang beroperasi selama 24 jam. Nantinya setiap masyarakat yang keluar masuk menuju Desa Celawan ini harus melewati portal tersebut.

Tuhadi juga menghimbau kepada masyarakat Desa Celawan untuk tidak mudik dan selalu menerapkan Prokes dengan 3 M, Mencuci Tangan Pakai Sabun, Memakai Masker, Menjaga jarak. Karena hingga sekarang ini belum ditemukan obat COVID-19.