Dinkes Sergai Perkenalkan Aplikasi Si Karbu Lihat

Helminur Sinaga mensosialisasikan Proyek Perubahan Aplikasi Si Karbu Lihat di Aula Rapat Puskesmas Plus Perbaungan Kelurahan Simpang Tiga Pekan Kecamatan Perbaungan, Sergai, Selasa (30/7/2019).(Foto:MEDANmerdeka/Santarwi)

PERBAUNGAN - Dinas Kesehatan Serdang Bedagai (Sergai) memperkenalkan sistem pendataan ibu hamil Aplikasi “Si Karbu Lihat”  atau Sistem Informasi Kartu Ibu Bersalin Sehat.

Proyek perubahan difokuskan di tiga Puskesmas, yakni Puskesmas Tanjung Beringin, Puskesmas Perbaungan, dan Puskesmas Pegajahan.

Hal ini disampaikan Sekretaris Dinkes Sergai dr Helminur Sinaga M.Kes dalam sosialisasi “Si Karbu Lihat”, Selasa (3072019) di Puskesmas Plus Perbaungan Kelurahan Simpang Tiga Pekan Kecamatan Perbaungan, Sergai.

Sambung Helminur,  kemitraan pemerintah dan masyarakat sangat penting untuk meningkatkan cakupan persalinan di Puskesmas lewat sistem Informasi “Si Karbu Lihat”  Dinas Kesehatan.

Helminur optimis, “Si Karbu Lihat” mampu memotivasi jajaran pemerintahan dan masyarakat dalam meningkatkan cakupan persalinan di fasilitas kesehatan yang berstandar sehingga dapat mewujudkan zero AKI, zero AKB, Stunting dan Gizi Buruk di Kabupaten Serdang Bedagai.

Hal senada juga diungkapkan Kabid Kesmas Dinkes Sergai drg Tatik Iswandari. Aplikasi Si Karbu Lihat, sejalan dengan Perbup No.12 Tahun 2016 tentang penyelenggaraan pelayanan persalinan, pelayanan kesehatan ibu dan bayi pada fasilitas pelayanan kesehatan.

“Diharapkan kepada ibu hamil untuk selalu mengakses fasilitas kesehatan yang berstandar baik itu poskesdes atau puskesmas untuk mengontrol kesehatan ibu dan anak,” ujarnya.

Diakhir acara dilakukan MoU Proyek Perubahan Si Karbu Lihat jajaran Dinkes Sergai, Kepala Puskesmas Plus. Perbaungan, Kader Posyandu, Bidan Desa, Camat Kecamatan Perbaungan, Tim PKK, serta Kepala Desa se Kecamatan Perbaungan.

Penulis: Rasum Santarwi
Editor: Redaksi

Baca Juga