Empat Desa Gelar Pilkades Antar Waktu

Kadis PMD Sergai H. Ikhsan AP,M.Si, meninjau pelaksanaan PAW PIlkades, Kamis (29/4/2021). (foto:mm/rasum)

SERGAI - Empat Desa di Sergai, yakni Desa Lubuk Cemara, Desa Sei Buluh Kecamatan Perbaungan, Desa Sei Belutu Kecamatan Sei Bamban, dan Desa Laot Tador Kecamatan Tebing Syahbandar melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Pergantian Antar Waktu (PAW), Kamis (29/4/2021).

Pantauan medanmerdeka.com disalah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu di Desa Lubuk Cemara tampak lengang. Pelaksanaan Pilkades PAW ini dimulai pada pukul 08.00 Wib sampai pukul 12.00 WIB.

Jumlah peserta pemilihan di Desa Lubuk Cemara ini sebanyak 95 orang perwakilan masyarakat. Jumlah masyarakat yang memberikan hak suaranya sebanyak 78 orang, dari 95 orang perwakilan masyarakat. Setelah proses penghitungan kertas suara Calon Kades PAW Nomor 1 Jamhuri memperoleh 32 suara, dan Nomor 2 Hj Siti Juni R Nasution memperoleh 42 suara, dan suara yang batal 4 suara. Dalam pemilihan Kepala Desa PAW Desa Lubuk Cemara ini Hj. Siti Juni R Nasution terpilih menggungguli lawannya Nomor Urut 1 Jamhuri.

Kepala Dinas PMD Ikhsan AP, M.Si saat meninjau TPS Pilkades PAW Desa Lubuk Cemara menyampaikan, bahwa hari ini serentak dilaksanakan Pemilihan PAW Kepala Desa di Tiga Kecamatan, Empat Desa di Sergai. Dimana terdapat 2 Desa di Perbaungan, 1 Desa di Sei Bamban, dan 1 Desa lagi di Desa Laot Tador Tebing Syahbandar.

Ditambahkan Ikhsan, Pemilihan Kepala Desa Pergantian Antar Waktu (PAW) ini sesuai ketentuan diperkirakan masa jabatannya sekira 7 (Tujuh) Bulan lagi. Karena masa jabatan mereka nantinya berakhir di Bulan 4 Tahun 2022, dan ke-4 Desa yang melakukan pemilihan PAW ini tetap melakukan Pemilihan Kepala Desa Tahun berikutnya. "Masa 7 (Tujuh) Bulan itu terhitung 1 masa periode 6 (enam) tahun menjabat Kepala Desa," pungkasnya.