Hari Pertama Kerja, Tingkat Kehadiran ASN Sergai 98 Persen

Sekdakab Sergai H.M. Faisal Hasrimy melakukan Sidak ASN Lewat video conference di Aula Tengku Rizal Nurdin, Kompleks Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Selasa (26/05/2020).(Foto/MEDANmerdeka/Ist)

SERGAI - Pasca libur Hari Raya Idul Fitri 1441 H, tingkat kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) jajaran Pemkab Sergai mencapai 98,39 persen.

Hal ini berdasarkan inspeksi mendadak (Sidak) yang dilakukan Bupati Sergai, Ir.H.Soekirman yang diwakili Sekdakab H.M.Faisal Hasrimy di aula kantor bupati, Selasa (26/5/2020).

Dalam kegiatan sidak virtual ini, masing-masing Kepala OPD atau yang mewakili, melaporkan hasil rekapitulasi absensi manual yang telah ditandatangani, baik personil yang hadir, sakit, izin ataupun yang tanpa keterangan.

Dalam kesempatan ini, Hasrimy mengatakan, saat ini masyarakat Indonesia berada pada fase kehidupan ‘new normal’ dengan kondisi yang menuntut untuk berdamai dan menyesuaikan diri dengan Covid-19.

“Yang utama adalah pada pola kerja kita yang akan lebih banyak lewat mekanisme virtual dengan memanfaatkan alat telekomunikasi. Kedua kita harus tetap menjalankan protokol kesehatan, yang sebenarnya sudah kita lakukan dari sebelumnya, namun pada saat fase ‘new normal’ ini kita harus benar-benar lebih membiasakan diri,” ujarnya.

Selain melakukan pengecekan kehadiran, Sekdakab juga menyinggung perkembangan kinerja OPD terutama terkait proses percepatan penanganan Covid-19, diantaranya Dinas Sosial yang berkaitan langsung dengan pendataan masyarakat yang jadi sasaran kebijakan Jaring Pengaman Sosial (JPS).

“Saya mengimbau agar data masyarakat yang diambil di lapangan benar-benar sudah diverifikasi sehingga dalam proses penyaluran bantuan dapat berjalan secara cepat dan juga tepat,” imbau Sekdakab.

Selain itu kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Sekdakab juga menanyakan perkembangan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang berasal dari Anggaran Dana Desa (ADD).

Merespons pertanyaan Sekdakab, Kepala Dinas PMD, H. Ikhsan, AP, MAP, melaporkan jika sampai hari ini BLT telah disalurkan ke 202 desa dari total 237 desa di Kabupaten Sergai. “Sisa 35 desa akan menyusul segera disalurkan dan rencananya akan tuntas jumat ini, tergantung dari ketersediaan dana,” jelas Ikhsan.

Perihal mekanisme kerja jelang situasi “new normal”, Faisal Hasrimy juga meminta kepada Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk bersiap menyelenggarakan perangkat dan mekanisme teknologi komunikasi yang dapat menyokong kinerja yang aman dalam protokol pencegahan penularan Covid-19.

Dari hasil sidak virtual yang dipimpin oleh Sekdakab H.M Faisal Hasrimy terhadap seluruh OPD di jajaran Pemkab Sergai, persentase tingkat kehadiran ASN dan Tenaga Kontrak  mencapai angka 98.39%.