HPN, Bupati Sergai Soekirman Raih Anugerah PWI

Bupati Sergai Soekirman photo bersama Ketua DPR RI Puan Maharani Usai Penerimaan Penghargaan Anugerah Kebudayaan PWI di Kota Banjar Baru Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu (9/2/2020). (Foto: MEDANmerdeka/Ist)

BANJARMASIN – Bupati Sergai Soekirman meraih angugerah Kebudayaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Kota Banjarbaru, Kalimatan Selatan (Kalsel), Sabtu (8/2/2020).

Penghargaan diserahkan Ketua PWI Pusat, Atal S Depari disaksikan Presiden RI Joko Widodo dan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Prof Dr Muhajir Efendi MAP.

Anugerah Kebudayaan diberikan kepada Soekirman karena dinilai berhasil dalam pengembangan kebudayaan dalam merangkai pembangunan Kabupaten Sergai.

Selain Bupati Sergai, penghargaan serupa juga diberikan kepada bupati/Walikota Gunung Kidul, Halmahera Barat, Luwu Utara, Ambon, Tabalong, Tulang Bawang Barat, Banjarmasin, Baubau dan Tangerang Selatan.

Soekirman didampingi Kadis Kominfo Drs H Amkal mengucapkan terimakasih kepada organisasi PWI Pusat, yang telah menggagas perhelatan ini sehingga berjalan sangat apik dan sesuai yang diharapkan.

Sehari sebelumnya dalam rangkaian acara HPN, Bupati Sergai Soekirman di daulat sebagai narasumber dalam dialog kebudayaan yang digelar PWI Pusat di Hotel Mercure Banjarmasin.

Sergai yang memiliki konsep pengembangan budaya melalui kampung budaya, diantaranya kampung budaya Melayu, Jawa, Batak, Bali dan Banjar. Ini semua berhasil menjadi role model dalam pembangunan dengan pendekatan budaya di Tanah Bertuah. Membangun mental kepribadian dengan berlandaskan pada nilai logika, etika dan estetika.

Hal ini berpadu untuk mewujudkan Pluralisne (keberagaman) yang sejalan dengan toleransi. Toleransi yang akan menghasilkan "trust" (kepercayaan). Pada akhirnya "trust" dapat menguatkan kohesivitas kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.