oleh

Kades Dituntut Berinovasi Membangun Desa

Medanmerdeka.com – Pembangunan sebuah desa dapat tercapai, jika aparatur desa mampu mengelola anggaran. Untuk mencapai tujuan ini, Kepala Desa (Kades) harus menerapkan prinsip membangun, yaitu Inovasi, Inspirasi, Imanigasi, dan Inisiatif.

“Seoang Kepala Desa harus mampu dan menerapkan empat prinsif ini. Jika ini dijalankan, maka desa kita akan mampu bersaing dengan desa-desa lain di Indonesia,” tegas Bupati Sergai, Ir H Soekirman di Kecamatan Bandar Khalipah, Rabu kemarin.

Jika Kades memiliki ispirasi dan inovasi dalam membangun sebuah desa, tentunya pembangunanya akan lebih menarik dan menjadi ikon pariwisata. Dengan demikian, secara otomatis akan membangkitkan perekonomian desa dengan banyaknya kunjungan wisatawan.

“Kita harus mampu menciptakan terobosan-terobosn yang terbaru. Dengan demikian maka akan menciptakan perekonomian. Ingat, lapangan pekerjaan bukan hanya sebagai PNS maupun karyawan swasta, masih banyak lapangan kerja terbaru hasil karya tangan kita,” harap Soekirman.

Camat Bandar Khalipah M Khairi mengatakan, Bandar Khalipah dimasa dulunya merupakan daerah Kerajaan Negeri Padang. Sebagai daerah Kerajaan Negeri Padang sekarang ini ada empat situs sejarah, diantaranya Mesjid Nuruddin, Mesjid Baiturrahim, Pusara Raja Negeri Padang Ketujuh disebut Tengku Tebing Pangeran atau pusara Pangeran, dan Sungai Padang. Namun, pada tahun 70 an sungai padang ini diluruskan sehingga masyarakat Bandar Khalipah menyebutnya sungai baru”, papar Camat.

Sementara itu, Desa Gelam memiliki lahan tidur seluas 50 hektar.  Rencananya kelompok tani Desa Gelam akan memanfaatkan area lahan seluas 50 hektar dijadikan lahan persawahan. Untuk itu dalam waktu dekat hal tersebut akan kami sampaikan usulannya kepada Bupati”, terangnya.(santarwi)

Komentar

News Feed