Ketua PKK Sergai : Guru Harus Profesional

Medanmerdeka.com – Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peranan strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk itu, dibutuhkan guru yang profesional dan diharapkan mampu berpartisipasi dalam membangun nasional untuk mewujudkan insan Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang maha Esa.

“Guru juga memiliku ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki jiwa estetis, berbudi pekerti luhur dan berkepribadian. Tidaklah berlebihan kalau dikatakan masa depan masyarakat, bangsa dan negara sebagian besar ditentukan oleh guru,” tegas Ketua TP PKK Sergai, Hj Marliah Soekirman di acara Lomba Kreativitas Guru PAUD Kabupaten Sergai Tahun 2018, di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Jumat (9/11/2018).

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua GOPTKI Hj Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Hj drg. Khairani Hadi Winarno, Sekdis Pendidikan Suriadi, pengurus PKK dan Guru PAUD se-Kabupaten Sergai.

Dikatakan Hj Marliah, profesi Guru PAUD perlu dikembangkan secara terus menerus dan profesional dalam jabatan fungsional guru. Kegiatan penilaian lomba kreativitas Guru PAUD yang dilaksanakan pada hari ini, dapat dimanfaatkan untuk menyusun program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Hasil penilaian kinerja lembaga juga merupakan dasar penetapan perolehan prestasi dalam rangka pengembangan karir guru sebagaimana diamanatkan dalam Permenpan-RB Nomor 16 Tahun 2009 tentang jabatan fungsional guru dan angka kreditnya, kata Hj Marliah.

Memperhatikan kondisi jabatan guru sebagai profesi dan kebijakan pemerintah, dalam pengembangan profesi maka diperlukan pedoman pelaksanaan lomba kreativitas Guru PAUD dan perlu disosialisasikan tentang apa, mengapa, kapan, bagaimana dan oleh siapa penilaian kinerja guru dilaksanakan, pungkas Marliah.

Sementara Ketua Panitia Penyelenggara Lomba Kreativitas Guru PAUD Hj Rosmaida Darma Wijaya mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah pertama, untuk menumbuhkan rasa percaya diri bagi para pendidik dalam meningkatkan kualitas program di lembaganya, kedua mengembangkan motivasi para pendidik dalam membuat inovasi dan mensinergikan dengan program-program lain yang mendukung kegiatan pembelajaran dan ketiga meningkatkan kreativitas dan inovasi para guru dalam proses pembelajaran untuk menciptakan anak-anak yang mandiri, cerdas dan berakhlak mulia.

Sedangkan jenis perlombaan yang dilaksanakan diantaranya lomba teknik mengajar, lomba mendongeng, karya ilmiah, lomba cipta gerak dan lagu dengan tema “ Media dan karakter anak”. Untuk peserta lomba berjumlah 153 orang yang merupakan Guru PAUD perwakilan dari 17 kecamatan di Kabupaten Sergai.(zt/mm)

Comment