KOPITU Sergai Berpatisipasi Kembangkan Budidaya Porang Bersama Mentan Yasin Limpo

Menteri Pertanian RI, Yasin Limpo dorong petani kembangkan budidaya tanaman porang. (foto/ist)

SERGAI - Komite Pengusaha Mikro Kecil Menengah Indonesia Bersatu (KOPITU) Serdang Bedagai mengikuti pertemuan virtual dengan tema Strategi Penyusunan Regulasi Pengamanan Market Chip Porang ke China dan Kapitalisasi Koperasi Menuju Rumah Produksi Porang Terpadu".

Kegiatan yang digagas KOPITU Pusat, Yoko Pitoyo diikuti KOPITU Sergai, Desa Pegajahan, Kecamatan Pegajahan, Sergai, Rabu (19/5/2021). Hadir sebagai pembicara Menteri Pertanian RI Syahril Yasin Limpo, Wakil Menteri Perdagangan RI Dr Jerry Sambuaga, Perwakilan Menteri Koperasi Bagus Rachman, Perwakilan Menteri Industri Dirjen Industri Agro Abdul Rochim, Dubes RI untuk Tiongkok Djauhari Oratmangun, Dirjen Tanaman Pangan Kementan RI Dr Ir. Suwandi, Ketua KOPITU Sergai Muhammad Ali, Sekretaris Hariyono S.kom, Bendahara Frenti Jaya Winanda, beserta pengurus.

Mentan Yasin Limpo menyampaikan, bahwa pertanian itu selalu berbicara soal lapangan, bukan konsepsinya yang bagus tetapi lapangannya keteteran, sehingga perlu diperjelas CPCL-nya (Calon Petani Calon Lahannya), dan lahan tidak menjadi permasalahan lagi. Selanjutnya dari lahan yang baik kita intervensi agenda budidaya Porang. Lahannya dan kemampuan kita ada, pasarnya juga ada, termasuk kesiapan kita didalam negeri, sekarang ini tinggal Budidayanya.

"Saya siap membantu, sekali lagi tidak ada segampang-gampangnya, apapun membutuhkan keringat, kerjasama semua pihak, dan yang mana bisa difasilitasi," ujarnya.

Mentan RI berharap teman-teman KOPITU itu skalanya ekonomi, karena ini ada untungnya pakai dana mana saja boleh, nanti pak Dirjen bantuin mana yang benar-benar ingin melaksanakan itu, jadi yang real-real saja, dan saya lebih senang hitung-hitungannya dengan skala ekonomi.

Kopitu Sergai Muhammad Ali didampingi Sekretaris Hariyono menyambut baik langkah Kopitu Pusat dalam mendukung upaya pengembangan Budi Daya Tanaman Porang. KOPITU Sergai menilai ini menjadi langkah strategis untuk mengembangkan Budidaya Porang yang bekerjasama dengan Calon Petani Calon Lahan (CPCL). Nantinya kita berharap Bupati Serdang Bedagai dapat mendukung program pengembangan tanaman porang.