Membangun Sistem Penyuluhan Lewat SIMPELLUH Bersaudara

Kadis Pertanian Sergai Radianto didampingi Kabid Penyuluhan Ir. Ridwan Effendi Gultom M. Si ketika Pelaksanaan PEDA KTNA Ke-IV Tingkat Propsu di Desa Melati 2 Perbaungan Sergai.(Foto:MEDANmerdeka/Santarwi)

PERBAUNGAN – Dalam melakukan penyuluhan kepada petani penting adanya inovasi agar informasi yang diterima dengan cepat, tepat,  dan akurat.

Untuk itu perlu dirancang Sistem Pengelolaan Penyuluhan Pertanian Bersatu tanpa bersua dalam membangun daerah (Simpelluh)  yang berbasis aplikasi.

Hal ini disampaikan Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian Sergai Ir. Ridwan Effendi Gultom M. Si, kepada medanmerdeka. Com, Sabtu (20/7/2019).

Sambungnya lagi, rancangan ini sangat baik dan penting di era digital sekarang ini. "Adanya APLIKASI Simpelluh ini kedepan para penyuluh pertanian secara langsung maupun kelompok tani, dan semua orang dapat mengakses tentang agribisnis serta pemasaran produk-produk pertanian yang ada di Sergai", kata peserta Diklat PIM 3 LAN RI Aceh.

Ditambahkannya, bahwa  para penyuluh, para petani serta perusahaan sudah bisa memanfaatkan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) sebagai tempat Rumah Besar Penyuluh (RBP) sesuai UU Nomor 16 Tahun 2006 tentang sistim penyuluhan pertanian.

Penulis: Rasum Santarwi
Editor: Redaksi

Baca Juga