PDGI Edukasi Masyarakat Akan Pentingnya Gigi Sehat

SOSIAL : Bupati Sergai Soekirman didampingi Ketua Pengwil PDGI Sumut drg M. Sahbana M.Kes melepas balon ke udara pertanda dibukanya bakti sosial PDGI di Wisma Amerta Kecamatan Perbaungan, Sergai.(foto:mm)
SOSIAL : Bupati Sergai Soekirman didampingi Ketua Pengwil PDGI Sumut drg M. Sahbana M.Kes melepas balon ke udara pertanda dibukanya bakti sosial PDGI di Wisma Amerta Kecamatan Perbaungan, Sergai.(foto:mm)

PERBAUNGAN – Persatuan Doker Gigi Indonesia (PDGI) Sergai menggelar bakti social, di Wisma Amerta, Perbaungan. Hal ini dinilai begitu penting, demi terjaganya kualitas kesehatan generasi emas Sergai.

Berdasarkan riset kesehatan dasar (Riskesdas) tahun 2013, 25,9% penduduk Indonesia bermasalah dengan gigi dan mulut. Dan, hanya  31,1% melakukan perawatan dan pengobatan tenaga medis.

Bahkan, perilaku menyikat gigi penduduk Indonesia pada usia >10 tahun terbilang rendah, yaitu hanya 27,3% menyikat gigi sebelum tidur, serta 97,7% tidak benar dalan menyikat gigi.

Oleh karena itu, Soekirman mengapresiasi berjalanya bakti sosial PDGI, dan menjadi bukti bahwsanya pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat dalam hal meningkatkan kualitas kesehatan. Oleh karena itu, Soekirman berharap program bakti sosial ini dapat lebih besar lagi dan berkesinambungan.

Panitia kegitan drg Hj Tatik Iswandari M.Kes mengatakan, program ini tindak lanjut Rakernas PDGI ke-XII dan Seminar Ilmiah Nasional Tahun 2019 yang salah satunya adalah melaksanakan jadwal kegiatan PDGI Nasional dengan menggelar kegiatan Bakti Sosial PDGI Sergai pada tanggal 24-25 April 2019 yang mengambil tema : "Gigi Sehat, Senyum Cemerlang, Demi Hidup Berkualitas".

Program ini  bertujuan untuk mengedukasi kepekaan dan kepedulian sosial PDGI kepada masyarakat sekitar, juga meningkatkan kesadaran, sikap dan perilaku masyarakat terhadap pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut, serta mengurangi angka penderita penyakit gigi dan mulut di masyarakat Sergai.

Target dan sasaran kegiatan PDGI Sergai yaitu masyarakat Kelurahan Batang Terap, Kecamatan Perbaungan dengan sasaran 300 siswa untuk penyuluhan dan sikat gigi massal, serta 500 pasien anak dan dewasa untuk kegiatan bakti sosial. Sementara pada 25 April digelar bakti sosial untuk masyarakat Kecamatan Pegajahan dengan sasaran 200 siswa dan 300 pasien anak/dewasa. Acara juga diisi dengan perlombaan apresiasi gigi sehat untuk siswa sekolah dasar (SD).

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua Pengwil PDGI Sumut drg M Sahbana, M.Kes, Sekdakab H Hadi Winarno, Wakil Ketua PDGI Sergai drg Hj Khairani Hadi Winarno dan Kadis Kesehatan Sergai.(mm)

Penulis: Santarwi
Editor: Redaksi

Baca Juga