Pemerintahan Desa Citaman Jernih Dirikan Pos Penyekatan Mudik Lebaran

Kepala Desa Citaman Jernih Lian Lubis, Kamis (6/5/2021). (foto:mm/ist)

SERGAI - Pemerintahan Desa Citaman Jernih Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) mendirikan pos penyekatan alur mudik lebaran guna mengantisipasi alur masuk dan keluar masyarakat yang melalui desa, Kamis (6/5/2021).

Untuk menyiapkan pos penyekatan, Kepala Desa Citaman Jernih Lian Lubis beserta perangkat Desa, Bhabin Kamtibmas, Bhabinsa menggelar musyawarah untuk memastikan titik pos penyekatan alur mudik.

Kepala Desa Citaman Jernih Lian Lubis mengatakan, pendirian posko penyekatan alur mudik lebaran Idul Fitri 1442 H untuk menyahuti surat edaran satuan tugas penanganan COVID-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang peniadaan mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H dan upaya pengendalian penyebaran COVID-19, serta diperkuat dengan surat edaran Bupati Serdang Bedagai Nomor 18.2/445/2648/2021 tentang pembatasan kegiatan selama bulan suci ramadhan dan libur hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

"Tahun 2020 lalu hal serupa pendirian posko covid ini juga sudah kita laksanakan, tahun ini juga kita lakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19," ujarnya.

Saat ini Desa Citaman Jernih sudah ada 2 atau 3 orang yang terpapar COVID-19. Untuk itu pihak Pemerintah Desa juga telah melakukan penyemprotan cairan disinfektan, dan terus melakukan himbauan Prokes 3 M, yaitu Mencuci Tangan Pakai Sabun, Memakai Masker, dan Menjaga Jarak.

Untuk pos penyekatan, sebutnya ada 3 titik penyekatan yang berada di Dusun 1 dan Dusun 3 tepatnya arah pintu masuk dan keluar menuju Desa Citaman Jernih menuju Desa Adolina dan Desa Melati II. Sehingga dengan penyekatan ini dapat meminimalisir arus masuk dan keluar masyarakat di masa hari raya Idul Fitri 1442 H.