Soekirman buka Rakor Dinas PUPR

Pemkab Sergai Bangun Masjid Raya Senilai Rp51 Miliar

SERGAI - Dinas Pekerja Umum dan Penata Ruang (PUPR) Serdang Bedagai (Sergai) menggelar rapat kordinasi (Rakor) Tahun 2019. Rakor yang digelar di aula Dinas PUPR dibuka langsung Bupati Sergai, Ir H Soekirman, Senin (14/1/2019).

Tampak hadir mendampingi bupati, Kadis PUPR, Suwanto Nasution dan Kepala BKD Drs Dingin Saragih serta seluruh jajaran ASN PUPR Sergai.

Dikatakan Soekirman, Dinas PUPR merupakan ujung tombak pembangunan, sehingga segala aspek pembangunan hasil kinerjanya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Ibaratnya, PUPR ini ototnya pemerintah. Jika PUPR kuat dan bekerja dengan hasil yang terbaik, maka kuatlah Bupati dan Wakil Bupati," pungkas Soekirman.

Hingga 5 Desember 2018, Sergai urutan pertama se-Sumut dalam hal Good Government dan Clean Government sebagai Kabupaten Terbersih dalam pengelolaan keuangan daerah.

Namun Soekirman berharap jajaran tidak jumawa, namun menjadi tantangan bahwa  penilaian Korsupgah KPK dan Ombudsman memang sifatnya kumulatif yaitu pekerjaan semua dinas. Akan tetapi, Dinas PUPR merupakan dinas yang paling disorot.

"Ini menjadi motivasi dan bukti bahwa apa yang telah menjadi penilaian Korsupgah KPK dan Ombudsman setidaknya menjadi pegangan dan keyakinan bahwa apa yang telah kita lakukan selama ini telah pada jalur yang benar," tegasnya.

Soekirman mengimbau jajaran PUPR agar secepatnya menyiapkan program SMART PUPR, sebab pengalaman setiap tahun selalu berselisih dengan rekanan kerja terkait ketidaksamaan data dan realisasi di lapangan.

Dengan penerapan SMART PUPR, maka diharapkan tidak akan terjadi lagi hal yang demikian karena semua pihak harus menjalankan proses pada sistem yang telah terencana sesuai perencanaan dan pelaksanaan. Terlebih kita memiliki 311 ruas jalan dengan panjang jalan 864 km jalan kabupaten yang menjadi tanggung jawab pemerintah daerah melalui Dinas PUPR.

“Mari kita tekankan definisi kerja bagi kita adalah ibadah, karena jika dilaksanakan selayaknya ibadah, maka haqul yaqinsemua akan berjalan dengan baik dan memuaskan termasuk pembangunan Masjid yang kita banggakan tersebut nantinya,” ungkapnya.

Sebelumnya Kadis PUPR Sergai Suwanto Nasution mengatakan, program kegiatan di TA 2019 ini, ada beberapa proyek termasuk yang paling besar yaitu Mega proyek pembangunan Masjid Raya Kabupaten Sergai senilai Rp51 miliar yang direncanakan dimulai pada tahun ini. Dinas PUPR berkomitmen melaksanakan pekerjaan tersebut dengan sebaik mungkin dan maksimal serta sesuai ketentuan yang berlaku.

“Meski pembangunan Masjid Raya tersebut berbeda dengan proyek yang ada pada umumnya seperti pembangunan jalan dan jembatan karena membutuhkan kualifikasi khusus serta metode yang berbeda, namun dengan arahan dan bimbingan Bupati, Wabup beserta Sekretaris Daerah, kami semakin optimis dan yakin dapat melaksanakannya hingga selesai sesuai rencana,” katanya.(santarwi)

Penulis: Santarwi
Editor: Redaksi

Baca Juga