Pjs Bupati Sergai Teken Perbup Pencegahan COVID-19

Jubir GTPP COVID-19 Sergai Drs. H. Akmal M.Si. (Foto/Ist)

SERGAI - Pjs Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Irman menandatangani draft Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 35 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian COVID-19.

Juru Bicara COVID-19 Sergai, H. Akmal mengatakan Perbup  sebagai pedoman bagi masyarakat maupun pemangku kepentingan dalam melaksanakan kegiatan di tatanan normal baru menuju masyarakat yang sehat, aman serta produktif  dalam masa pandemi.

Perbup ini mengatur tentang pencegahan dan pengendalian COVID-19 bagi masyarakat, pelaku usaha,  pengelola, penyelenggara atau penanggung jawab tempat dan fasilitas umum seperti menyiapkan sarana dan prasarana 4M (maseker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan).

“Bagi yang melanggar Perbup ini akan dikenakan sanksi. Oleh karenanya Dinas Satpol PP, Dinas Kesehatan, BPBD, Camat, Desa/Lurah harus melakukan koordinasi dengan Polri/TNI untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan peraturan ini,” ujarna.

Untuk itu, seluruh stakeholder terkait melakukan sosialisasi, memberikan informasi dan edukasi tentang cara pencegahan dan pengendalian COVID-19 kepada masyarakat dengan melibatkan unsur FKPD dan partisipasi masyarakat, pemuka agama, tokoh adat, tokoh masyarakat serta unsur lainnya.