Sergai Optimis Berhasil Berantas Penyakit TBC

Medanmerdeka.com – Pemberantasan Tuberculosis (TBC) menjadi perhatian serius Pemkab Sergai. Disamping tidak mengenal usia, TBS dapat menurunkan kualitas SDM dan masalah social di masyarakat.

Hal ini disampaikan Ir H Soekirman diacara Penggalangan Komitmen dengan Forum Peduli Kesembuhan Penyakit TBC, sekaligus pelantikan Kepengurusan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Sergai masa bhakti 2018-2022, di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Kamis (20/12.2018).

Tampak hadir dalam kegiatan ini, Kapolres Sergai AKBP Juliarman Eka Putra Pasaribu, Ketua YKI Provinsi Sumut Hj Evi Diana, Ketua TP PKK Sergai Hj Marliah Soekirman, perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Sumut, Kadis Kesehatan Sergai dr Bulan Simanungkalit, M.Kes beserta jajaran serta para pengurus YKI Sergai.

Dikatakan Soekirman, strategi Nasional Pengendalian TBC 2014 telah mencakup upaya menuju akses universal menuju Indonesia bebas TBC 2050. Upaya pengendalian TBC diperlukan kebersamaan dalam penjaringan suspek sampai pengobatan maka terciptalah jejaring eksternal yang baik.

Dalam pengendalian TBC, adalah meningkatkan kesiapan Tim TBC Puskesmas, Puskesmas Pembantu dan Rumah Sakit serta diharapkan keterlibatan bidan desa, praktek dokter swasta, klinik swasta sehingga diharapkan juga tahun 2019 keterlibatan Forum Kesembuhan TBC yang sudah terbentuk untuk kabupaten dan kecamatan.

Dinas Kesehatan Sergai telah melakukan banyak kegiatan dengan melaksanakan penjaringan penderita TBC secara promosi, ketuk pintu, pemeriksaan laboratorium sebagai penunjang penegak diagnosis, pengobatan, pengawasan penelan obat dan jejaring external.

Selanjutnya 1 2