Sergai Wujudkan Birokrasi yang Bersih dan Akuntabel

BRASTAGI - Bupati Sergai Ir H Soekirman memimpin Raker Tim Reformasi Birokrasi 2019, bersama staf ahli, OPD dan Camat se-Kabupaten Sergai, Mingg lalu di Sibayak Internasional Hotel Brastagi.

Soekirman mengatakan Raker 2019 bertujuan mempecepat reformasi birokrasi menyeluruh untuk mewujudkan tata kelola berbasis kinerja dan pemerintahan yang dinamis.

Dengan berjalannya program ini, maka akan mewujudkan mewujudkan birokrasi yang bersih, akuntabel, efektif dan efesien serta pelayanan publik yang berkualitas, sesuai Permendagri Nomor 135 Tahun 2018", papar Soekirman.

Dikatakan Soekirman, Trias Politica (Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif) sebagai syarat sebuah negara yang kuat, akan lebih lengkap jika ditambahkan dengan birokrasi. Tanpa ada birokrasi yang solid dan kuat, tidak akan ada negara yang kuat.

Berdasarkan para ahli, kata Soekirman  ternyata kekuatan birokrasi tersebut ada kaitannya dengan komunitas masyarakat yang akan menjadi operasional kita dalam melaksanakan birokrasi yang baik.

“Dalam suatu birokrasi, utamakan keteladanan dari diri sendiri bahwa kita bertanggung jawab atas jabatan dan tugas yang diembankan kepada kita,” imbuhnya.(mm)

Penulis: Santarwi
Editor: Redaksi

Baca Juga