Peringatan Hardiknas 2019

Soekirman Ajak Semua Elemen Perkuat Pendidikan Karakter dan Budaya

Bupati Sergai Ir. H Soekirman unjuk kebolehan sebagai dalang wayang kulit didampingi dalang cilik M Ardiansyah, mengisi Hardiknas, di SMPN 1 Pegajahan Kecamatan Pegajahan.(Foto/mm)
Bupati Sergai Ir. H Soekirman unjuk kebolehan sebagai dalang wayang kulit didampingi dalang cilik M Ardiansyah, mengisi Hardiknas, di SMPN 1 Pegajahan Kecamatan Pegajahan.(Foto/mm)

SERGAI - Bupati Sergai Soekirman mengajak generasi muda untuk tidak lupa sejarah, khususnya pada mereka yang sudah berjasa bagi daerah.

Pesan ini disampaikan Soekirman pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2019, Kamis kemarin di lapangan SMPN 1 Pegajahan, Kecamatan Pegajahan.

Mendikbud RI Muhadjir Effendi dalam pesannya yang dibacakan Soekirman, mengatakan pembangunan SDM menekankan pada dua penguatan, yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan siap memasuki dunia kerja.

Saat ini peserta didik kita didominasi Generasi Z yang terlahir di era digital dan pesatnya teknologi. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital dengan sentuhan budaya Indonesia melalui Tri Pusat Pendidikan yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat.

Kadis Pendidikan Sergai Drs Joni Walker Manik MM menyampaikan rangkaian pagelaran budaya sesuai tema hari pendidikan tahun ini menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan. Ini merupakan kewajiban kita, walau budaya tidak termasuk dalam ranah dinas pendidikan, namun hal ini juga merupakan tanggung jawab kita yang tidak dapat terpisahkan sebab kami sebagai wadah pendidikan adalah siap melestarikan budaya.

Peringatan Hardiknas dihadiri unsur Forkopimda, para Asisten, Staf Ahli, Kadis Pendidikan Drs Joni Walker Manik MM beserta jajaran, Kepala OPD, Kepala BNN Drs. Adlin Tambunan, Dewan Pendidikan Sergai, Tokoh Pemuda Dimas Triadji, Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan, Kepala Sekolah dan siswa-siswi SD/SMP se-Kabupaten Sergai.

Penulis: Santarwi
Editor: Redaksi

Baca Juga