Soekirman Buka Latihan Gabungan Pramuka

PEGAJAHAN - Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman membuka Latihan Gabungan Pramuka, Tahap II Tahun 2019, Sabtu kemarin (9/2/2019) di Lapangan Eks MTQ Komplek Replika Istana Sultan Serdang, Kecamatan Pegajahan.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Camat Perbaungan Gunawan JW Hasibuan Muspika selaku Ka. Mabiran, Pengurus Kwarcab Pramuka Sergai, Korwil Dinas Pendidikan Kecamatan Perbaungan H.D Naibaho, Kepala SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA selaku Ka. Mabigus, Pramuka Penegak dan Pandega Gugus Depan.

Soekirman selaku Kepala Mabicab Gerakan Pramuka mengapresiasi dan kebanggaan kepada Pramuka Sergai yang telah turut berkarya dalam pembentukan generasi muda yang cinta tanah air, yang berdharma bakti dan berperan penting dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

Dimana salah satu bait Lagu Kebangsaan “Indonesia Raya” terdapat kata “Jadi Pandu Ibu-Ku”. Dengan adanya kata pandu atau “scout” yang merupakan bahasa universal dunia dalam Gerakan Kepanduan Sedunia, sehingga lagu “Indonesia Raya” diperbolehkan untuk berkumandang dimasa penjajahan oleh Belanda kala itu.

Semangat lagu Indonesia Raya tersebut semakin meluas sehingga membangkitkan gema perjuangan di seluruh Indonesia dan pada puncaknya kita mampu meraih kemerdekaan tersebut secara penuh meski dengan mempertaruhkan nyawa dan harta benda para pahlawan kita.

Dalam kegiatan Latihan Gabungan Pramuka ada empat point yang harus diketahui  yaitu pertama  untuk selalu ingat akan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika serta merawat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Kedua, agar terus menjadi generasi yang harus akan prestasi dan karya dibidang apapun karena prestasi yang diraih adalah kebanggaan kita semua, yang paling utama adalah “Prestasi dan Unggul Tanpa Narkoba”.

Ketiga, jika tiba saatnya generasi kalian untuk pemimpin bangsa ini, kami titipkan masa depan Indonesia agar dibawa ke masa kejayaan yang telah lama kita nantikan. Dan keempat,  Kabupaten Sergai sebagai kawasan Pramuka telah memiliki.

Bupati juga menekankan bahwa dibalik latihan baris-berbaris, mendirikan tenda, membuat simpul tali, dan keterampilan lainnya yang kalian ikuti ini terdapat nilai-nilai unggul kedisplinan, ketekunan dan akhlak mulia yang dibutuhkan oleh para generasi muda untuk memenangkan persaingan global dimasa kini dan dimasa depan guna menjadi bangsa pemenang dan bangsa yang jaya.

Untuk itu jangan anggap remeh pandu atau pramuka didaerah seperti Tanah Bertuah Negeri Beradat ini, sebab meski wilayah kita mungkin kampung, tapi prestasi kita bukan kampungan.

Pramuka Sergai harus tetap didepan, menjadi yang terbaik serta menjadi pagar bhayangkari negara guna mempertahankan Pancasila dan UUD 1945, serta menyelamatkan generasi muda dari rongrongan psywar atau perang dengan hal yang tidak terlihat dengan yang namanya “Narkoba”", pungkas Soekirman.

Ketua Sanggar Kerja Kegiatan Latihan Gabungan Pramuka Penegak dan Pandega Gerakan Pramuka Sergai melaporkan, bahwa kegiatan ini adalah kegiatan lanjutan dari latihan sebelumnya yang digelar di Kecamatan Dolok Masihul beberapa waktu yang lalu. Untuk kegiatan kali ini melibatkan lebih banyak peserta yaitu sejumlah 406 orang Penegak dan Pandega dari 21 Pangkalan se-Kabupaten Sergai.

Dimana kegiatan ini dilaksanakan mulai Sabtu sampai dengan Minggu (9/10/2) yang bertujuan  untuk membina kebersamaan dan kekompakan antar anggota Pramuka, menanamkan disiplin dan sikap mental yang baik, menjadi kegiatan positif bagi peserta didik, memberikan kesempatan Pramuka untuk belajar kemandirian serta berinteraksi dengan masyarakat,: terangnya.

Kegiatan ini memberikan pengalaman dan petualangan yang menarik di alam terbuka, serta menerapkan pengetahuan dan keterampilan di bidang kepramukaan dalam kehidupan sehari-hari.

Latihan Gabungan Pramuka Penegak dan Pandega se-Sergai Tahap II Tahun 2019 diisi dengan beberapa kegiatan keterampilan Pramuka antara lain upacara bendera, ibadah keagamaan, baris berbaris, dinamika kelompok, cipta yel-yel, api unggun, motivator, nonton bareng, senam pagi serta games outdoor", ujarnya.(mm) 

Penulis: Santarwi
Editor: Redaksi

Baca Juga