oleh

Soekirman Gandeng LIPI Terapkan Iptek di Sergai 

Medanmerdeka.com – Bupati Sergai Ir H Soekirman menghadiri Diseminasi Pemanfaatan dan Penerapan  Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) di Lembaga Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Indonesia (LIPI), rabu lalu di Kantor Camat Tanjung Beringin, Sergai.

Turut hadir dalam kegiatan ini,Anggota Komisi VII DPR RI H Abdul Wahab Dalimunthe, Wakil Pimpinan LIPI Tommy Hendrix ST,M.Si, pemateri Pengenalan LIPI dan Program Pemanfataan Iptek LIPI untuk masyarakat oleh Syukri Yusuf Nasution,ST dari Pusat Inovasi LIPI.

Selain itu juga tampak Konservasi Tumbuhan dan Budidaya Tanaman Mangga oleh Mahmudin, SST, dari BKT Kebun Raya Cibodas LIPI, Budidaya Tanaman Jambu Kristal Drs Dodi Priadi dari Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, Teknologi Produk Olahan Buah Mangga dan Jambu Kristal oleh Asep Nurhikmat, M.P dari BPTBA LIPI, Kepala OPD, Camat Tanjung Beringin Drs. Zulfikar, Muspika Kecamatan Tanjung Beringin, Kades, dan para peserta sebanyak 130 orang dari unsur Gapoktan, UKM, Koperasi dan Kelompok Nelayan.

Soekirman mengatakan, terdapat 31 urusan wajib pemerintah yang pertama adalah urusan wajib pendidikan formal dan informal. Mengenai teknologi, selain masyarakat belajar sendiri juga diperlukan pihak lain untuk melakukan pendidikan.

Seperti era revolusi 4.0 yang saat ini kita hadapi. Oleh karenanya kami ucapkan terimakasih kepada pihak terkait yang sudah turun ke Sergai membantu tugas pemerintah daerah dalam hal pendidikan. Saat ini kita menghadapi dua generasi yaitu generasi milenial dan generasi old.

Untuk menanggapi tantangan yang terjadi harus ada keselarasan, dalam hal ini LIPI membawa sumber daya bagi mental pendidikan dan pemikiran yang tinggi sehingga IPM akan tinggi. Saya berharap motivasi dari LIPI untuk mendongkrak agar IPM tinggi sehingga urusan wajib pendidikan tersebut bisa mencapai tujuan”,

“Saya sangat berterimakasih dengan hadirnya LIPI karena telah menyebarluaskan Iptek di Tanah Bertuah Negeri Beradat. Jika kita tidak bisa memanfaatkan teknologi maka kita akan dikalahkan dan dilindas oleh perkembangan zaman,” ujarnya.

Seperti kita ketahui bahwa desa-desa yang ada di Sergai sudah mempunyai teknologi yang siap mempromosikan potensi daerah. Dengan teknologi juga dapat meningkatkan pendapatan daerah yaitu dengan memanfaatkan aplikasinya. Dengan hadirnya LIPI disini kami  akan melek teknologi serta mendapatkan wawasan yang luas terkait teknologi. Selain itu juga Tingkatkan ekonomi kreatif dengan memanfaatkan teknologi”, ungkap Soekirman. Kegiatan ini dirangkai dengan paparan nara sumber dan pembagian 1000 bibit pohon mangga, 1000 bibit pohon jambu kristal kepada para peserta.(santarwi/mm)

Komentar

News Feed