Soekirman: Harga Sembako Stabil, Hanya Jengkol dan Pete yang Naik Tajam

PERBAUNGAN - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, Bupati Sergai H Soekirman memantau harga dan stok bahan kebutuhan pokok di sejumlah Pasar Bengkel, Kecamatan Perbaungan dan Swalayan Gemilang di Kecamatan Sei Rampah, Jumat (24/5/2019).

Turut mendampingi Soekirman, Kepala BPOM Medan Yulius Sacramento Tarigan, Kabid Pemeriksaan BPOM Medan Pajar Sidik, Kadiskominfo H Ikhsan AP, Kadinkes dr Bulan Simanungkalit dan Kabag Prekonomian Sariful  Azhar.

Dikatakan Soekirman, kehadirannya di pusat peberlanjaan untuk memastikan stok dan harga kebutuhan 9 bahan pokok.

"Menjelang lebaran ini, saya ingin memastikan stok dan harga kebutuhan pokok di pasar. Setelah semua kita lihat, kebutuhan bahan pokok masih normal," ujar Soekirman.

Bahkan, bawang putih yang sebelumnya mencapai Rp80 ribu perkilogram, di Pasar Bengkel sudah turun ke Rp34 ribu per kiloggram.

"Sekarang ini justru harga jengkol dan pete yang mengalami kenaikan signifikan, bahkan harganya mengalahkan daging ayam," ujar Soekirman, sembari tersenyum.

Disamping itu, Soekirman bersama BPOM juga melakukan pemeriksaan produk pangan dan kosmetika yang mengandung zat berbahaya. "Ini kita lakukan untuk memberkan rasa aman terhadap masyarakat," ujarnya.

Sejumlah sampel yang diambil, sambung Seokirman kemudian dibawa untuk dilakukan uji laboratorium, dan jika kenal ditemukan zat berbahaya maka akan dilakukan tindakan.

Hal senada juga dikatakan Kadinkes Sergai dr Bulan Simanungkalit. "Semua sampel masih diuji BPOM. Kalu makanan yang kadaluarsa kita langsung sita di lapangan," katanya.

Penulis: Rasum Santarwi
Editor: Redaksi

Baca Juga