Soekirman : Koperasi Harus Seperti Akar Rumput

Medanmerdeka.com – Bupati Sergai Ir H Soekirman mengimbau agar Koperasi memperkuat akar rumput dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Salah satunya dengan melakukan pelatihan-pelatihtan ekonomi hingga ke pelosok desa se- Kab Sergai.

Hal ini ditegaskan Soekirman pada Peringatan Hari Koperasi ke-71 Tahun 2018 dengan tema “Penguatan Koperasi Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Untuk Sumut Bermartabat” , Rabu (17/11/2018) di Lapangan Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Sergai.

Turut hadir dalam kesempatan ini, Wakil Bupati Sergai H Darma Wijaya, Wakapolres Sergai Kompol Henri Sibarani, Asisten Ekbangsos Ir H Kaharuddin, Asisten Admum H. Karno, SH, MAP, Ketua TP PKK Hj Marliah Soekirman, Ketua DPC GOPTKI Hj Rosmaida Darma Wijaya, Plt. Kadis Nakerkopum Abdul Haris, S.Sos, MAP,  pengurus dan penggiat Koperasi se-Kabupaten Sergai.

Dikatakan Soekirman, selain pelatihan-pelatihan juga harus melakukan studi banding dan temu aspirasi dengan pelaku usaha. “ Mumpung sekarang ada BUMDes atau unit usaha desa lainnya, saya pikir aset koperasi yang terbengkalai selama ini dapat dimanfaatkan bagi kepentingan masyarakat. Hal ini adalah bentuk re-orientasi bahwa masyarakat saat ini lebih suka meniru hal yang tidak baik ketimbang yang baik. Dengan demikian mari bangkitkan kembali semangat untuk lebih menumbuhkan koperasi di Tanah Bertuah Negeri Beradat ini, “katanya.

Soekirman berharap para penggerak Koperasi agar menjadikan Koperasi seperti akar rumput teki, yang kelihatannya mati diatas, akan tetapi akarnya ibarat kerjasama dan persatuan tetap terjalin kuat sehingga tetap hidup dan menunjukkan eksistensi di masyarakat.

Pada momen peringatan Hari Koperasi, ini mari kita lakukan gerakan rehabilitasi (perbaiki kepengurusan yang belum baik), re-orientasi (mengubah mainset usaha sesuai perkembangan teknologi saat ini) serta pengembangan koperasi agar lebih kuat dan besar lagi. Saya sangat yakin koperasi akan semakin maju jika hal tersebut kita terapkan, pungkas Bupati.

Hal ini juga diperkuat Wabup H Darma Wijaya mengemukakan bahwa setelah tugas ke Vietnam kemarin, di wilayah sungai Mekong tersebut dapat dilihat ekonomi yang bangkit dan semakin berkembang, meski kemarin mereka tertinggal oleh negara kita.

Hal tersebut karena segala usaha dipermudah, selain jeli melihat peluang usaha yang ada. Hal yang luar biasa adalah perekonomian di Vietnam mengandalkan koperasi sebagai Bapak Angkat Usaha, sehingga dapat menstabilkan harga serta menjamin distribusi komoditi, dan  akhirnya mensejahterakan masyarakat melalui usaha koperasi.

Untuk itu diminta kerjasama dari semua pengurus Koperasi agar dapat memberikan solusi pemasaran komoditi yang dikelola melalui usaha koperasi tersebut, pinta Wabup Sergai.(zt/mm)

Comment