Soekirman Serahkan Dana BUMDes dan RTM

Bupati Sergai Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya menyerahkan bantuan dana rumah tangga miskin kepada Kades Lidah Tanah, Rabu (29/1/2020). (Foto: MEDANmerdeka/Rasum)

SERGAI - Bupati Serdang Bedagai Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya menyerahkan Dana PAD Kegiatan BUMDes Bersama dan Penyerahan  Dana Rumah Tangga Miskin (RTM)  Kegiatan Eks-PNPM-MP Kecamatan se-Sergai, di Wisma Prakasa Pabatu, Desa Kedai Damar Kecamatan Tebing Tinggi, Sergai, Rabu, (29/1/ 2020).

Soekirman mengatakan, lahirnya UU Nomor 6 tahun 2014 Tentang Desa, menempatkan desa pada posisi penting di Indonesia, sekaligus menjadi wujud pengakuan dan penghormatan atas desa.

Saat ini desa mengelola dana yang cukup besar, bersumber dari pendapatan desa yakni ADD, DD, bagi hasil pajak dan retribusi daerah serta sumber sah lainnya.

Kabupaten Sergai mayoritas wilayahnya terdiri dari kawasan pedesaan. Peranan desa sebagai benteng terakhir menghadapi kompetisi masyarakat ekonomi Asean melalui program PMD dengan fokus utama adalah fasilitasi pengembangan BUMDes Bersama.

Penyertaan modal dana maupun penyertaan aset yang telah digelontorkan pemerintahan desa di Kabupaten Sergai untuk pengembangan BUMDes Bersama mencapai Rp 6.500.016.999 dengan 10 BUMDes dan PAD dari BUMDes Bersama sebesar Rp 394.581.653 sampai akhir tahun 2019.

Program pengentasan kemiskinan masyarakat di perdesaan dilakukan melalui pelestarian dan pengembangan kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP) Eks-PNPM dengan total dana perguliran pada akhir tahun 2019 mencapai Rp18.500.115.435. alokasi surplus dana perguliran untuk kegiatan sosial sebesar Rp111.867.811 yang disalurkan pada 1.021 RTM dan siswa berprestasi.

Pertemuan hari ini merupakan pertemuan profesional dan pertemuan yang menambah motivasi serta menginspirasi bagi seluruh yang hadir.

Pemkab Sergai mengapresiasi BKAD dan BUMDes Bersama yang telah berhasil menumbuhkembangkan modal eks PNPM di Tanah Bertuah Negeri Beradat yang saat ini telah tumbuh dan berkembang dengan baik.

Komentar

Loading...