Hari Konsumen Indonesia

Soekirman Video Conference dengan Menteri Perdagangan RI

SERGAI - Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman melakukan video conference dengan Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita,Rabu (20/3/2019)

Selain bersama Soekirman, Enggartiasto Lukita juga berbicara langsung dengan empat kepala daerah di Indonesia, yakni  Sidoarjo, Parepare, Balik Papan dan Padang yang di pusatkan di Kota Bandung.

Sementara Soekirman bersama Kasdim 02/04 Deli Serdang, Wakapolres Sergai, Heru Subroto, OPD dan Camat melakukan video conference dari kantor UPT Balai Standarisasi Metrologi Legal (BSML) di komplek Istana Replika Sultan Serdang.

Dalam pembicaraan jarak jau ini, Soekirman menyampaikan ucapan selamat Hari Konsumen Nasional (HKN) yang jatuh tepat pada Rabu 20 Maret 2019. Dalam kesempatan ini, juga dijelaskan keberadaan Pasar Tertib Ukur dan alat-alat ukurnya telah di tera ulang milik UPT Metrologi Legal sebagai sarana untuk mengkontrol semua yang berkaitan dengan ukuran.

Dikatakan Soekirman, Sergai memiliki potensi pasar yang memiliki alat ukur sebanyak 47.500, belum termasuk alat ukur meteran listrik dan air. Hal ini diberlakukan agar konsumen kita tidak mengalami kerugian dan produsen kita tetap bermartabat.

Pemkab Sergai berprinsip harus menjunjung dan mendukung martabat produsen, namun juga harus membela hak hak dari pada konsumen.

Dalam perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat kami yang ada di jajaran Pemkab Sergai berinovasi membangun sebuah aplikasi yang di sebut "Tera OCE", yang memudahkan para pengguna dalam menera ulang, dan langsung membayar retribusi langsung melalui Bank Sumut.

Soekirman juga memberikan usulan ke Kemendag RI Enggartiasto Lukita agar dalam keterbatasan sarana dan prasarana serta Sumber Daya Manusia agar kedepannya dalam hal mobilisasi pelayanan tertib ukur bagi masyarakat  dapat di tingkatkan lagi. Menteri Perdagangan juga meminta kepada Bupati untuk turut menganggarkannya dalam APBD.

Sementara itu Kepala BSML Regional 1 Medan Heru Subroto menyampaikan, bahwa peringatan Hari Konsumen Nasional ini, juga sebagai pemecahan Rekor Muri dengan penandatanganan 251 UPT Metrologi Legal seluruh Indonesia.(mm)