Tim Safari Ramadhan Pemkab Sergai Kunjungi 51 Masjid

RAMADHAN : Ketua rombongan Tim 16 Safari Ramadhan Pemkab Sergai Drs Joni Walker Manik MM menyerahkan bingkisan kepada BKM Al Mutaqin, Rudi Santoso.(foto:ras/mm)

RAMADHAN : Ketua rombongan Tim 16 Safari Ramadhan Pemkab Sergai Drs Joni Walker Manik MM menyerahkan bingkisan kepada BKM Al Mutaqin, Rudi Santoso.(foto:ras/mm)

Medanmerdeka.com – Hari ke enam puasa Ramadhan 1439 H, Pemkab Serdang Bedagai (sergai) melaksanakan Safari Ramadhan di 17 Kecamatan yang terbagi dalam Tim. Dalam kunjungannya ini, Tim Safari Ramadhan mengunjungi sebanyak 51 masjid.

Rombongan Tim ke -16 Safari Ramadhan Pemkab Serdang melaksanakan Safari Ramadhan di mesjid Al Mutaqin Dusun 2 Desa Sei Kari Kecamatan Kotari. Rombongan dipimpin Kadis Pendidikan Sergai Drs Joni Walker Manik MM didampingi anggota Sekretaris Dinas Pendidikan Drs Suriadi, Sekretaris Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Poraparbud) Drs Rudy Irwansyah M AP, Kabid PTK Dinas Pendidikan Pujiono S.Sos, M AP, Kabid SMP Dinas Pendidikan Sugianto S Pd,  Kabid PNF Dinas Pendidikan Arianto S Pd, Pj Kabid Pemuda dan Olahraga Dinas Poraparbud Sergai Samsuddin Tarigan S Pd, M Si, Pj Kabid Kebudayaan Dinas Poraparbud Sergai Searca Agung Nugroho SE, Tokoh Masyarakat Zainuddin Purba, H Azrai Purba S Pd. I, dan  Agus Salim.

Turut menghadiri Camat Kotari Asdin Damanik SE, Kapolsek Kotari AKP H Surbakti, Danramil 17 Kotari Kapten Infanteri B Lumbanraja, Kades Sei Kari Jumari, BKM Masjid Al Mutaqin Ustad Rudi Santoso, serta seluruh jamaah sholat isya dan tarawih Mesjid Al Mutaqin.

Bupati Sergai Ir H Soekirman dalam sambutannya yang dibacakan Ketua Rombongan  Drs Joni Walker Manik MM mengatakan, kunjungan tim ini guna mempererat tali silaturrahim dan sekaligus meningkatkan rasa ukhuwah islamiyah yang kokoh antara pemerintah dengan seluruh komponen masyarakat.

Puasa pada bulan suci ramadhan merupakan ibadah wajib dan sangat mulia, laksanakan dengan penuh keyakinan, keikhlasan, kesabaran dan kesucian hati,sehingga kita akan mencapai apa yang kita inginkan sesuai dengan janji Allah SWT bagi yang berpuasa di bulan ramadhan ini,” terangnya.

Kata Bupati,  sangat disayangkan dengan kehadiran bulan suci ramadhan 1439 H tahun ini disambut dengan berita duka cita, seperti yang kita ketahui bersama, telah terjadi pengeboman di beberapa wilayah di Indonesia dengan target lokasi yang berbeda, kejadian ini sangat tidak kita harapkan dan harus dihadapi dengan penuh arif dan bijaksana, paparnya.

Bupati mengingatkan kepada kita semua, janganlah kita saling menyalahkan, saling menuding, saling memfitnah yang akhirnya menjadi situasi yang tidak kondusif, kepada alim ulama, tokoh masyarakat untuk bisa memberikan pemahaman kepada umat jamaahnya masing-masing untuk mengedepankan toleransi, pendekatan musyawarah dalam menyelesaikan masalah,

“Mari kita semua menjaga secara bersama-sama situasi dan kondisi di wilayah kita masing-masing, jangan mudah terpancing dengan isu yang menyesatkan, bertindak dewasa dalam menghadapi isu sara, hujatan kebencian dan provokasi,menyatukan komitmen sebagai masyarakat anti hoax, berhati-hati jangan mudah percaya menerima dan menyebarkan kembali informasi atau berita sebelum memastikan bahwa informasi tersebut benar sesuai dengan data dan fakta,” harap Bupati.

Terakhir disampaikan Bupati, apalagi kita akan menghadapi agenda penting dalam suasana Pemilihan Gubernur Sumatera Utara  yang akan berlangsung pada tanggal 27 Juni mendatang, dan pemilihan Presiden tahun 2019,”Mari kita kuatkan dan tingkatkan pemahaman kita terhadap undang-undang yang berlaku agar proses pilkada dapat berjalan dengan profesional, aman dan damai,”ungkapnya.

Sebelumnya Badan Kenaziran Masjid Al Mutaqin Desa Sei Kari Kecamatan Kotari Rudi Santoso, mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada rombongan tim ini dari kabupaten yang sudah susah payah meluangkan waktu datang ke pelosok desa kami, dijelaskannya bahwa Mesjid Al Mutaqin yang terletak di ujung Kabupaten Serdang Bedagai.

Untuk menambah nilai keimanan dan keyakinan dalam menjalankan ibadah di bulan suci ramadhan ini,acara ditutup dengan tausyiah yang di sampaikan oleh ustadz Zainuddin Purba.(ras/mm)

Comment