Wujudkan Pasar Sehat, Disperindag Gelar Sekolah Pasar

Medanmerdeka.com –  Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) bersama dengan Direktorat Sarana Distribusi dan Logistik Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementrian Perdagangan RI menggagas Sekolah Pasar untuk terwujudnya Pasar Sehat, Kamis kemarin di Pajak Baru Kelurahan Batang Terab Kecamatan Perbaungan.

Turut menghadiri Kadis Perindagsar Sergai  Hj Nina Deliana Hutabarat, Narasumber Kemendag RI Fatturrahman, Kemenkes RI Eko Rio, Kabid Pasar Juniar Gultom serta para pedagang pasar Pajak Baru Perbaungan.

Kadis Perindagsar Sergai Hj Nina Deliana Hutabarat mengatakan pertemuan ini untuk merumuskan tentang Pasar yang Sehat bagi Penjual maupun pembeli. Pasar sehat.bukan semata-mata menjadi tanggung jawab pengelola dan Dinas Perindagsar, tetapi pedagang juga memiliki tanggung jawab agar tercipta pasar sehat.

“Pasar Sehat itu Bersih, aman, nyaman, dan tentunya laris pembelinya. Kalau bersih saja tidaklah cukup, kalau tidak ada pembeli. Untuk itu diharapkan, Pajak Baru ini menjadi idola bagi masyarakat di Kecamatan Perbaungan ini,” kata Nina.

Pajak Baru ini masih dalam tahap pembenahan, sehingga dalam penataan kedepannya akan dilakukan koordinasi bersama dengan assosiasi pedagang yang ada disini untuk.menyusun jadwal bersama menyangkut keberlanjutan usaha bagi para pedagang.

Sebelumnya, Faturrahman motivasi para pedagang tentang bagaimana cara meningkatkan usaha agar diminati pelanggan. Dimana pelanggan harus dipandang bagi pedagang sebagai Kekasih. Sehingga setiap pembeli yang datang ditempat usaha kita akan melayani dengan sepenuh hati. Sebab pembeli tersebut ibarat kekasih kita. Selanjutnya, kita harus mampu menyusun catatan keuangan usaha kita, agar perputaran modal dapat dikontrol”, pungkasnya.(santarwi/mm)

Comment